Polisi Sosialisasi Protokol Kesehatan Sambil Bersepeda

 Satuan Samapta Polres Biak Numfor gelar patroli sepeda dan sosialisasikan protokol kesehatan di seputaran Kota Biak, Rabu (4/11)

JAYAPURA- Satuan Samapta Polres Biak Numfor gelar patroli sepeda dan sosialisasikan protokol kesehatan di seputaran Kota Biak, dengan menyusuri pusat-pusat keramaian, pemukiman penduduk serta pasar-pasar, Rabu (4/11).

Kasat Samapta AKP Erlan Sugianto mengatakan, kegiatan patroli dialogis bersepeda ini disamping ramah lingkungan juga memberikan manfaat bagi tubuh. Meski diakui untuk situasi emergency atau memerlukan penanganan cepat, patroli bersepeda kurang efektif. Tapi, patroli bersepeda lebih menyentuh dekat dengan rakyat.

“Patroli bersepeda memudahkan petugas lebih detail mengontrol dan mengawasi lingkungan masyarakat yang dilalui dalam setiap rute patroli, sehingga lebih efektif melaksanakan dialogis dengan setiap warga yang ditemui,” ucapnya.

Selain menggunakan sepeda, Satuan Samapta tetap mengoptimalkan Patroli Kota (Patko) menggunakan sepeda motor dan mobil patroli. Personel yang terlibat dalam patroli diprioritaskan untuk memantau aksi-aksi kejahatan yang kemungkinan terjadi di jalan dan menimpa masyarakat, termasuk mengawasi aksi balapan liar dan bentuk pelanggaran lainnya.

“Untuk patroli sepeda sasarannya tempat-tempat keramaian, sekolah, perkantoran, pasar, perbankan serta pemukiman penduduk. Kegiatan patroli sepeda ini akan rutin dilaksanakan dan waktu-waktu patroli bersepeda ini akan diefektifkan pada saat kondisi pusat-pusat pasar dan perbelanjaan sedang padat,” jelasnya.

Tujuan lain yang ingin dicapai dengan patroli sepeda yakni mendekatkan polisi berseragam dengan masyarakat yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk mewujudkan situasi yang kondusif, aman dan nyaman.

Disamping melaksanakan patroli, anggota juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang ditemui untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu 3M 1T (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun. (fia/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *