9 November, Terminal Tipe A Entrop Mulai Dioperasionalkan

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., bersama Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., dan Sekda Kota Jayapura Dr Frans Pekey, M.Si.,bersama pimpinan OPD Pemkot meninjau terminal tipe A Entrop, Selasa (3/11)kemarin.  ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., telah meninjau pembangunan terminal tipe A entrop, yang telah dibangun Kementerian Perhubungan RI di Kota Jayapura. Dari peninjauan ini wali kota minta terminal tipe A sudah bisa dioperasionalkan pada tanggal 9 November 2020, sehingga angkutan umum mulai taksi carry, starwagon, angkutan bus bisa masuk di terminal, termasuk angkutan antar negara di batas bisa masuk juga dan terminal PTC entrop nantinya ditutup.

“Terminal tipe A Entrop segera dioperasionalkan mulai tanggal 9 November 2020 dan nanti yang meresmikan dari pemerintah pusat, yang penting bisa dioperasionalkan dulu sambil menunggu peresmian,’’katanya.   Untuk itu, kepada instansi terkait untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk operasional terminal tipe A yang sangat megah.

Wali kota juga meminta jika sudah dioperasionalkan kebersihan, keindahan dan kenyamanan terminal tipe A bisa dijaga dan dirawat dengan baik, jangan ada ludah pinang,  mencoret -coret tembok  di terminal ini dan diminta kepada Dinas Perhubungan Kota Jayapura melakukan koordinasi dengan Polsek Japsel serta dengan Organda dan para koordinator supir agar mereka bisa ikut mematuhi aturan yang telah dibuat pemerintah dalam mengoperasionalkan di terminal itu.

  “Pembangunan terminal ini kami persembahkan buat masyarakat Kota Jayapura ini bagian dari kemajuan pembangunan, sehingga Kota Jayapura juga menjadi barometer pembangunan di Tanah Papua dan mampu bersaing dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Wali Kota juga berharap, nantinya Pemerintah Kota Jayapura bisa berperan penting dalam pengelolaan terminal ini, karena terminal berada di Kota Jayapura.

  Sementara itu, Kepala Terminal Tipe A Entrop Jonas Kapisa mengaku, Gedung terminal dan lingkungan sudah siap pihaknya tinggal Pemkot Jayapura melalui Dinas Perhubungan Kota kapan mau dioperasionalkan karena Dishub Kota yang menjalankan pengoperasian angkot-angkotnya dan pihaknya prinsipnya siap.

“Terminal tipe A sedang dibangun tinggal dari Dinas Perhubungan Kota kapan mau operasionalkan dan terkait permintaan wali kota untuk meminta di pasang canopi nanti tetap akan disampaikan ke kepala balai, karena segala keputusan yang dibicarakan dengan wali kota maupun permintaan wali kota nanti ada disampaikan kepada kepala balai, karena pihaknya tidak bisa mengambil keputusan.

“Semua yang disampaikan tetap berjalan pengelolaan tetap sesuai aturan Menteri Perhubungan untuk pengelolaan terminal tipe A langsung Kementerian Perhubungan, Terminal tipe B langsung Dinas Perhubungan Provinsi dan Terminal Tipe C Pemda Kabupaten Kota melalui Dinas Perhubungan masing-masing, itu terlepas yang saya tahu namun yang disampaikan wali kota tetap nanti akan kami sampaikan kepada kepala balai,’’tandasnya.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *