Atasi Kesulitan Warga, Satgas Buat Bak Penampungan Air

Anak-anak kampung Tetop Distrik   Iniyandit Kabupaten Boven Digoel saat menikmati  penampungan air yang sudah dibuat dan dialirkan ke penampungan.  ( FOTO: Penrem 174/ATW for Cepos)

BOVEN DIGOEL – Dalam kehidupan kebutuhan akan air bersih sangat diperlukan untuk Kebutuhan sehari-hari, hal tersebut belum dapat dinikmati oleh warga kampung Tetop Distrik Iniyandit Kabupaten Boven Digoel. Karena itu, Satgas Yonif Mekanis 516/CY memberikan solusi kepada masyarakat dengan membuatkan bak penampungan air bersih.

    Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P., dalam keterangan tertulisnya diterima Cenderawasih Pos, Minggu  (1/11). Dansatgas mengatakan, TNI hadir di tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan masyarakat. ‘’Bagaimanapun bentuknya selama kita mampu dan berusaha semampu mungkin tetap kita akan membantu rakyat. Membantu masyarakat yang mengalami kesulitan adalah menjadi kewajiban bagi prajurit. Seperti yang sudah tertuang dalam sesanti TNI, yakni 8 wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya,” katanya.

  Dikatakan,  masyarakat setempat pada umumnya hanya mengandalkan air tadah hujan untuk kebutuhan sehari-hari dan memperoleh kebutuhan akan air bersih akan sangat sulit didapat bila datang musim kemarau. Mereka harus mengambil air dari sungai yang letaknya jauh di bawah lereng bukit.

   Melihat kondisi tersebut, Danpos Tetop Satgas Yonif Mekanis 516/CY Letda Inf Eko Setyo Budi berinisiatif untuk membuatkan bak penampungan air tadah hujan dan mengalirkan air dari sungai untuk dimasukan ke bak penampungan air, yang mana air-air yang ada di bak penampungan bisa digunakan untuk mandi, memasak dan mencuci, sehingga masyarakat bisa mengenal hidup sehat.

  Upaya yang telah dilakukan personel Pos Tetop bersama dengan warga kampung dengan membuat bak penampungan air tadah hujan dan mengalirkan air sungai ke bak penampungan dan dengan membuatkan saringan sehingga air yang dapat dipakai menjadi jernih, bersih dan sehat, sehingga air yang keluar dari proses penyaringan bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

  “Kami sangat senang dan berterima kasih kepada bapak TNI khususnya bapak-bapak TNI dari pos Tetop karena kami sudah dibuatkan bak penampungan air sehingga kami mencari air menjadi lebih mudah dan warga sangat senang bisa mandi setiap harinya,” ucap Magdalena salah satu warga Kampung Tetop. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *