Perhatikan Ketersediaan Bahan Habis Pakai Pemeriksaan Sampel Swab

Yohanis Walilo (Gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Yohanis Walilo, menyebutkan bahwa kendala perihal hasil pemeriksaan sampel swab yang selama ini dikeluhkan dikarenakan ketersediaan bahan habis pakai.

“Terkait pemeriksaan yang selama ini dikeluhkan karena lama, misalnya yang diperiksa itu 1.600 sampel dan menunggu satu minggu lamanya, hal ini perlu kita sama-sama dari provinsi untuk memperhatikan,”

Pasalnya, sambung Walilo, pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap petugas Labkesda dan mereka mengaku bahwa persoalannya itu memanglah di bahan habis pakai.

“Kalau bahan habis pakai ini tersedia, maka pemeriksaan bisa berjalan. Keterangan dari mereka, bahan habis pakai ini yang seharusnya bisa periksa 400 sampel, tapi cuma 100 – 150 sampel saja, sehingga sisanya itu butuh waktu beberapa hari,” terang Yohanis Walilo, Selasa (27/10) lalu.

“Untuk periksa 300 – 400 sampel, kalau tambah alat, maka bisa periksa 1.600 sampel dalam dua hari sudah bisa selesai, sehingga tidak perlu menunggu lama dan penanganan bisa dilakukan dengan cepat,” pungkasnya. (gr/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *