Penukaran Uang 75 Ribu Secara Kolektif Lebih Dominan

Suasana penukaran uang peringatan 75 ribu, yang dilakukan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Provinsi Papua belum lama ini.(Foto: Yohana/Cepos)

JAYAPURA –Masyarakat masih terus berdatangan untuk melakukan penukaran uang Rp 75 ribu yang dilaunching pada saat HUT RI ke-75. Antrian masyarakat untuk melakukan penukaran uang tidak lagi secara Individual akan tetapi secara kolektif.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga menjelaskan, untuk saat ini penukaran uang Rp 75 ribu khususnya untuk Individual sudah tidak banyak diminati konsumen, dikarenakan pihaknya telah membuka penukaran secara kolektif.
“Yang mana penukaran secara kolekstif jauh lebih banyak yang bisa melakukan penukaran sekaligus dan juga mengurangi antrian penukaran uang secara individual,”jelasnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (27/10) kemarin.
Lanjutnya, untuk penukaran uang secara individual sampai Senin (26/10) lalu totalnya sebanyak 5.959 lembar yang mana penukarannya melalui aplikasi BI Pintar. Sementara untuk penukaran melalui kolektif sampai Senin (26/10) kemarin sebanyak 82.695 lembar.
“Perbedaan kolektif dan individual memang sangat jauh berbeda, bahkan sampai dengan saat ini kami tetap melayani penukaran baik melalui kolektif maupun individual. Hanya saja animo masyarakat untuk melakukan penukaran lebih terkonsentrasi pada penukaran kolektif,” tambahnya.
Pihaknya juga telah membuka penukaran kolektif melalui perbankan, yang dikhususkan bagi nasabah-nasabah perbankan yang ingin melakukan penukaran uang.
“Dengan demikian masyarakat sampai di daerah-daerah juga dapat melakukan penukaran. Dengan cara pada saat BI melakukan pengantaran Kas Titipan ke daerah-daerah, sekaligus bisa membawa uang penukaran sesuai dengan permintaan nasabah yang terdaftar di perbankan untuk penukaran uang Rp 75 ribu,” terangnya.
Pihaknya masih tetap melayani penukaran uang Rp 75 ribu sampai kuota yang disediakan habis. (ana/ary)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *