Disdukcapil Diminta Siapkan Data Penduduk yang Akurat

Mathius Awoitauw (Foto: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si meminta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura agar menyiapkan data yang jelas dan akurat mengenai jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Jayapura. Selain itu, data ini juga harus dipisahkan antara data penduduk Orang Asli Papua (OAP) dan non OAP.
“Saya minta Disdukcapil supaya benar-benar menyiapkan data penduduk yang akurat, baik data OAP maupun non OAP,”kata Bupati Matius Awoitauw, kepada wartawan di Nimboran, Selasa (27/10). kemarin
Dia menjelaskan, data penduduk yang dimaksud yaitu data penduduk yang dimulai dari usia 0 bulan sampai 1000 hari pertama.
Hal ini penting, supaya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas yang berkaitan langsung dengan masyarakat bisa menggunakan data base yang dimiliki oleh Disdkcapil Kabupaten Jayapura.
“Jadi data ini penting, jangan masing-masing pakai data atau cari data masing-masing. Ini tidak boleh terjadi, oleh karena itu, ini harus betul-betul disiapkan,” ungkapnya.
Terkait dengan hal ini, minimal setiap distrik memiliki satu data base sehubungan dengan jumlah penduduknya. Database yang disiapkan oleh Disdukcapil ini akan membantu pemerintah, khususnya organisasi perangkat daerah untuk melaksanakan program atau kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
“Oleh karena itu, Disdukcapil harus tuntaskan masalah ini. Ini harus jelas,”ungkapnya.
Ini juga akan mendorong agar pemerintah bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dalam hal ini menjalankan programnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Data-data ini juga harus saling terkoneksi antara data yang ada di pusat pelayanan kesehatan, misalnya Puskesmas yang ada di distrik atau kampung kampung.”Supaya pelayanan kita berdasarkan itu,”tambahnya.(roy/tho)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *