Kemenang Papua Gelar Bimtek Da’i

Suasana Bimbingan Teknis Da'i/Penceramah yang dilaksanakan di Hotel Horison Jayapura Selasa (27/10) kemarin. (FOTO: Humas Kemenang)

JAYAPURA- Guna meningkatkan kompetensi dan penghargaan kepada para Da’i/mubaliq, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua menggelar Bimbingan Teknis Da’i/Penceramah di Hotel Horison Jayapura.

Bimtek  Da’i dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Drs. Syamsuddin, MM, Selasa (27/10) kemarin.

Dalam sambutan tertulisnya Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Pdt Amsal Yowi  yang dibacakan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi  Papua, Drs. Syamsuddin, MM,  menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan penghargaan dari pemerintah terhadap pada Da’i yang telah memberikan pelayanan kepada umat hingga ke daerah-daerah terpencil. Kakanwil menjelaskan bahwa Program Penceramah Bersertifikat berbeda dengan Sertifikasi Penceramah, karena sertifikat hanya diberikan kepada peserta yang mengikuti pelatihan atau kursus.

Selanjutnya penceramah/da’i bersertifikat sukarela, artinya kapanpun dan dimanapun dibutuhkan selalu siap memberikan pelayanan.  Di kesempatan ini, Kakanwil berharap metodelogi dalam penyampaian materi pembelajaran nilai-nilai agama di era mileneal harus diubah, sehingga lebih menarik dan tidak membosankan.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan ini, Kakanwil menjelaskan bahwa Kementerian Agama sebagai bertindak sebagai fasilitator yang bertanggungjawab menyiapkan   penceramah/da’i yang berkompetensi sebagai ujung tombak di masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Haji dan Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama ini bertujuan untuk mewujudkan pelaksanaan Bimbingan Teknis Da’i Bersertifikat, yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel. Selain itu mempersiapkan para Da’i bersertifikat yang memiliki pengetahuan, wawasan, keterampilan dan profesionalitas, dan memberikan kepada para Da’i tentang wawasan kebangsaan ke Indonesiaan, dan Moderasi Beragama.

Kegiatan Bimtek diikuti oleh Utusan Para Da’i Ormas Islam, Para Penyuluh PNS/Non PNS, BKMT dan da’i perorangan berjumlah 100 orang peserta. (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *