Hasil Kreasi Noken Harus Jadi Souvenir PON XX

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., didampingi Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura Robert LN Awi, ST.,MT., menyerahkan hadiah bagi para pemenang kegiatan lomba merajut noken tingkat Kota Jayapura, penyerahan berlangsung di depan Main Hall Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (27/10) kemarin. (Foto : Humas Pemkot For Cepos)

JAYAPURA- Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM.,mengungkapkan, dalam ivent PON XX Tahun 2021, salah satu dukungan Pemerintah Kota Jayapura adalah menyediakan souvenir khas Port Numbay bagi tim atlet, Pengunjung dan tamu, yang dibuat langsung oleh pengusaha UMKM Kota Jayapura dibawah pembinaan Disperindagkop dan Dekranasda Kota Jayapura.
Hal ini dikatakan Wali Kota dalam menutup kegiatan perlombaan kreasi noken sekaligus menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba kreasi noken Bhai perajin noken di Kota Jayapura yang diselenggarakan Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura. Penyerahan hadiah juga dihadiri Kadis Perindagkop dan UKM Kota Jayapura Robert LN Awi, ST.,MT.,di Depan Main Hall Kantor Wali Kota Jayapura, pada hari Selasa(27/10) kemarin.
”Saya harap hasil kreasi rajutan noken yang dibuat mama-mama Papua dan Pelaku UMKM bisa dijadikan souvenir saat PON, sehingga ada cinderamata yang dibawa para pengunjung, atlet dan tamu saat berada di Kota Jayapura, sehingga hasil kerajinan rajutan noken Port Numbay bisa terkena di luar Papua, dan pembuat rajutan noken Port Numbay bisa mendapatkan penghasilan maksimal dari usaha ini, yang penting produknya harus berkualitas, berdaya saing dan banyak pilihan,”imbuhnya.
Sementara itu, Kadis Perindagkop dan UKM Kota Jayapura Robert LN Awi, ST.,MT.,menambahkan, lomba kreasi noken Kota Jayapura dilaksanakan selama satu Minggu dan saat ini dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang oleh wali kota.
Tujuannya pihaknya membuat lomba ini untuk meningkatkan kearifan lokal di Papua dan menjemput peluang saat dilaksanakan PON XX tahun 2020, dimana pelaku pengrajin perajut Noken baik orang asli Papua dan non Papua bisa membaca peluang ini, dengan membuat souvenir khususnya noken, diharapkan dalam membuat noken bisa banyak variasi, harga bersaing dan konsisten dalam menekuni usaha ini, karena Disperindagkop akan membantu dalam memasarkan dan mengatur stand dalam penjualan saat PON.
Sedangkan, sebagai juara satu kreasi pembuatan noken rajutan berbahan dasar dari benang tingkat Kota Jayapura dimenangkan oleh Nurhayati Wanggai, sedangkan juara pertama pembuatan noken rajutan berbahan dasar alam Ibu Orota.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *