Pelaku Perjalanan Rentan Terpapar Covid

Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Merauke dr. Neviller Muskita

MERAUKE-Hingga saat ini, para pelaku perjalanan rentan terpapar Covid dan menularkan virus Corona kepada orang-orang terdekat yang kontak dengan mereka. Hal ini terbukti, dalam tiga hari terakhir yakni sejak 20 Oktober lalu sampai Jumat (23/10) kemarin, tercatat 5 warga Merauke terkonfirmasi positif terpapar Corona, dimana 3 diantaranya pelaku perjalanan.
“Dari hasil swab yang kita terima dari RSUD Merauke, pada hari ini Jumat (23/10) tercatat 5 orang terkonfirmasi positif Corona,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Neviller R. Muskita yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke itu ketika dihubungi Cenderawasih Pos, Jumat (23/10).
Neville mengungkapkan, bahwa dari 5 orang yang positif tersebut, 3 diantaranya merupakan pelaku perjalanan dari Kabupaten Nduga, Jakarta-Manokwari-Merauke, dan Jayapura. Sementara 2 kasus lainnya karena kontak erat dengan pasien Covid-19 sebelumnya. ‘’Satu terpapar dari kluster Polres Merauke dan 1 lainnya terpapar dari kluster Puskesmas Mopah Baru,’’ terangnya.
Dengan tambahan 5 kasus ini, maka total kasus Covid di Kabupaten Merauke secara kumulatif sebanyak 127 orang. Dimana, dari jumlah tersebut tercatat 96 orang dinyatakan sembuh. Ini karena sehari sebelumnya, ada 6 orang diisolasi dan dirawat di RSUD Merauke dinyatakan sembuh dari Corona.
Karena itu, jelas Neville Muskita, jumlah yang menjalani isolasi dan perawatan baik di RSUD Merauke, Hotel Asmat dan Hotel sebanyak 31 orang. Menurutnya, tidak semua orang yang terkonformasi Corona di isolasi dan di rawat di RSUD Merauke.
Yang diisolasi dan dirawat di RSUD Merauke hanya pasien Corona dengan gejala berat. Sementara pasien Corona tanpa gejala, menjalani karantina di Hotel Asmat dan Hotel Akat. Selain tambahan kasus positif, yang kategori suspek juga bertambah dari sebelumnya 7 menjadi 8 orang. Sementara kontak erat menurun dari sebelumnya 124 menjadi 120 orang. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *