Pandemi Berdampak pada Perubahan Anggaran

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak bersama Pimpinan DPRD menandatangani nota kesepahaman ABPD Perubahan Tahun 2020 di Gedung DPRD Mamberamo Tengah, Kamis (22/10) lalu.  (Foto : Humas Pemkab Mamteng for Cepos)

DPRD Mamteng Tetapkan APBDP Tahun 2020

KOBAKMA-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mamberamo Tengah (Mamteng) resmi menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2020.
Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Hengky Dani Yikwa didampingi Wakil Ketua I Doris Gombo dan Wakil Ketua II Leonard Doga berlangsung di gedung DPRD Mamberamo Tengah di Kobakma, Kamis (22/10) lalu.
APBDP ditetapkan setelah tiga fraksi masing-masing Fraksi Demokrat, Fraksi NasDem dan Fraksi Mamberamo Tengah Bersatu menyampaikan pandangan akhir fraksi.
Hadir dalam paripurna itu, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP), Sekda Mesir Yikwa, Forkopimda dan seluruh kepala SKPD,Badan dan Kantor di lingkungan Pemkab Mamberamo Tengah.
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak mengakui dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hingga ke Papua telah berdampak pada perubahan anggaran APBD Perubahan Tahun 2020.
“Pandemi ini membuat anggaran yang ada harus berubah, karena kondisi ini datang tiba-tiba, sehingga Tim Anggaran pemerintah dan Banggar DPRD harus siap melakukan penyusuain-penyusuain dalam APBD Perubahan Tahun 2020 dan hasilnya bisa ditetapkan,”ujarnya.
Menurut Bupati RHP, APBDP Tahun 2020 tidak ada kegiatan-kegiatan baru yang dianggarkan. Sebab anggaran yang ada terbatas karena adanya pemotongan-pemotongan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil, Dana Desa hingga dana infrastruktur dari Pemerintah Provinsi Papua.
Bupati dua periode ini yakin, walau saat ini berada dalam pandemi Covid-19, namun OPD di lingkungan Pemkab Mamteng dapat menyelesaikan kegiatan-kegiatan sesuai target pada bulan Desember mendatang.
Ia mengatakan, setelah pengesahan APBD Perubahan, maka eksekutif sudah harus siap-siap untuk penyusunan RAPBD Tahun 2021 yang direncanakan disidangkan pada Desember nanti.
Ketua DPRD Hengky Dani Yikwa mengatakan, dengan telah disetujuinya rancangan keputusan tersebut, maka sekaligus ditetapkan sebagai keputusan DPRD Mamberamo Tengah.”Setelah proses ini kami akan menindaklanjutinya ke Pemprov Papua,”ujarnya.
Menurut politisi Partai Demokrat ini, setelah pengesahan APBD Perunahan, maka eksekutif harus segera bergerak untuk melaksanakan berbagai kegiatan seperti yang tercantum dalam APBD Perubahan.
Dia menegaskan, pihak legislatif akan melakukan pengawasan agar kegiatan-kegiatan yang sudah ditetapkan dapat berjalan dengan baik dan bisa dirasakan masyarakat Mamberamo Tengah.
Dia menyampaikan terima kasih kepada eksekutif yang sudah menyusun APBD Perubahan ditengah pandemi Covid-19 sehingga bisa dibahas bersama anggota DPRD dan berhasil ditetapkan dalam menjadi peraturan daerah dalam paripurna.
Untuk diketahui APBD Perubahan Tahun 2020 ditetapkan dengan komposisi Pendapatan Rp 940.950.831.575, Belanja Rp 1.043.945.295.823.(Humas/reis/nat)&

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *