109 Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri

Khairul Lie (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, sampai saat ini ada sekitar 109 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani perawatan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing.
“Pasien kita yang tidak mempunyai gejala Covid-19 109 orang dan mereka menjalani isolasi Mandiri di rumah,” kata Khairul Lie dalam release yang diterima wartawan di Sentani, Jumat (23/10).
Lanjut dia, untuk pasien yang terkonfirmasi positif, namun tidak mempunyai gejala Covid-19, sejauh ini Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah merekomendasikan perawatan melalui metode isolasi mandiri di rumah. Metode ini dianggap sangat membantu dan berhasil karena banyak pasien yang sebelumnya dinyatakan positif, namun setelah melaksanakan perawatan isolasi Mandiri di rumah dan akhirnya dinyatakan sembuh.
“Mereka melaksanakan isolasi Mandiri di rumah di bawah pengawasan tim medis yang sudah ditunjuk oleh gugus tugas. Selama masa isolasi, mereka terus dipantau dan memberikan arahan kepada para pasien,”jelasnya.
Dia menambahkan, pada waktu tertentu bagi pasien yang menjalani isolasi Mandiri di rumah, akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan yang bersangkutan. Namun untuk memastikan pasien tersebut benar-benar sembuh atau belum, maka tim medis akan melakukan tes atau pemeriksaan swab tenggorokan sebanyak dua kali.
“Jika hasilnya negatif dari hasil dua kali pemeriksaan, maka pasien yang bersangkutan dinyatakan sembuh dan diperbolehkan menjalankan aktivitas seperti biasa, namun tetap menjalani protokol kesehatan sebagaimana yang sudah diarahkan oleh pemerintah,” ungkapnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *