Dorong Optimalisasi Pembangunan di Papua

Pj Sekda Papua, Doren Wakerkwa, dan Wakil Menteri ATR/BPN RI, Surya Tjandra, saat berbincang di Kantor Gubernur Papua, Rabu (21/10) kemarin. ( FOTO: Pemprov For Cepos)

Wamen ATR Sosialisasikan Inpres 9/2020

JAYAPURA– Pj Sekda Papua, Doren Wakerkwa, menerima kunjungan kerja (Kunker) Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN RI) di Kantor Gubernur Papua, Rabu (21/10) kemarin. Kata Wakerkwa, Kunker Wamen ATR tersebut untuk melihat sendiri perkembangan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Papua terkait penyelesaian tanah adat di Papua.

“Memang situasi dan kondisi yang dihadapi di Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah KabupatenKkota adalah tanah adat di seluruh Papua yang sudah dimiliki rakyat Papua. Dalam rangka pembangunan pemerintahan maupun insfrastruktur pelayanan kemasyarakatan di daerah, diperhadapkan dengan tantangan besar perihal penyelesaian persoalan tanah,” ungkap Pj Sekda Papua Doren Wakerkwa, Rabu (21/10) kemarin.

Kunjungan kerja Wamen ATR ini melihat langsung perkembangan penyelesaian masalah tanah di Papua.

Sementara itu, Wakil Menteri ATR/BPN RI, Surya Tjandra, menyebutkan bahwa untuk jangka pendek pihaknya fokus  memahami klaim tanah adat, dalam hal ini pemetaan masyarakat adat dan pemetaan wilayah adat yang lebih kepada membantu sensitivitas Kementerian ATR/BPN RI dalam bekerja.

“Kami datang sesuai Inpres 9/2020 yang intinya memerintahkan agar pemerintahan kita mendukung pembangunan Papua secara optimal, sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Papua,” terang Surya Tjandra.

Kata Tjandra, hal itu menjadi komitmen serius bagi pihaknya di tingkat pusat. Sebab, sambungnya, hal tersebut menjadi tanggung jawab yang diemban di mana Papua yang cukup lama tertinggal harus mulai diperhatikan.(gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *