S-Mart Hadir Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Perbatasan

Suasana S-Mart yang didirikan oleh anak Cabang Korindo ketika melayani masyarakat. ( FOTO: PT.DP For Cepos)

MERAUKE – Salah satu perusahaan yang merupakan bagian usaha dari Korindo Grup, PT. Dongin Prabhawa yang bekerja sama dengan CV. Smart Sejahtera Indah membawa kabar baik bagi masyarakat di Kampung Nakias, Kecamatan Ngguti, Merauke. Pasalnya, pada awal Oktober 2020 lalu, kedua badan usaha tersebut berhasil menghadirkan sebuah minimarket bernama S-Mart yang khusus ditujukan untuk mempermudah warga memperoleh kebutuhan sehari-hari.

Kehadiran S-Mart di Merauke yang merupakan daerah perbatasan ini disambut gembira baik oleh karyawan perusahaan maupun masyarakat Nakias. “Kehadiran S-Mart ini sangat membantu sekali karena barang-barang dijual dengan harga yang relatif lebih murah,” ujar salah seorang karyawan PT. Dongin Prabhawa, Hendrik Resubun.

Ia mencontohkan, sebelum kehadiran S-Mart, ia mesti merogoh koceknya sebesar Rp 40.000,- hanya untuk membeli sebuah pasta gigi. Namun saat ini ia hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 18.000,- untuk membeli produk yang sama. “Saya sangat berterima kasih sekali karena sudah sangat terbantu dengan kehadiran supermarket ini,” tambahnya.

Masyarakat Kampung Nakias pun menyambut gembira kehadiran S-Mart ini. Seperti dituturkan Benni Samkakai, seorang perwakilan masyarakat adat, “S-Mart sungguh membantu masyarakat. Harga produknya terjangkau dan kualitasnya terjamin. Kami berterima kasih kepada perusahaan yang telah mendirikan minimarket di antara dua distrik perbatasan Mappi dan Boven Digoel yang keduanya merupakan daerah perbatasan Indonesia-PNG ini.”

Seperti yang telah diketahui bersama, harga barang yang diperdagangkan di daerah pedalaman cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan daerah-daerah perkotaan. Hal ini dipicu dari faktor jarak yang sangat mempengaruhi segi pengiriman; jarak yang jauh dan medan yang sulit dicapai membuat biaya pengiriman menjadi berlipat.

Beruntung, kesulitan ini bukanlah sebuah kendala berarti bagi PT. Dongin Prabhawa; dengan fasilitas logistik yang mumpuni, perusahaan membantu mewujudkan pengiriman yang cepat dan aman. Selain memberikan jaminan kualitas produk tetap terjaga, harga yang ditawarkan juga tidak melambung. Sehingga S-Mart tetap dapat mempertahankan harga yang sama dengan harga jual produsen.

Rudi Hermawan selaku General Manager PT. Dongin Prabhawa menuturkan bahwa tujuan perusahaan mendirikan S-Mart adalah sebagai wujud aksi kemanusiaan untuk membantu masyarakat sekitar.

“Kami ingin masyarakat mendapat kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” ujarnya. Ia pun menegaskan bahwa S-Mart adalah bagian dari Program CSC (Corporate Social Contribution) perusahaan, sehingga laba tidak menjadi acuan.

“S-Mart didirikan untuk kesejahteraan warga—sesuatu yang terpenting bagi kami adalah terpenuhinya hal tersebut,” pungkasnya. Nantinya, pengelolaan dan pengoperasian S-Mart ini akan dilakukan oleh CV.Smart Sejahtera Indah. (Gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *