Masa Pandemi,  DPPAD Minta APSI Papua Tetap Jalankan Fungsinya

Kepala DPPAD Provinsi Papua Christian Sohilait ST. M.Si ketika memberikan sambutan pada acara HUT APSI di Papua ke 18 yang dilakukan secara virtual, Senin (19/10). (DPPAD For Cenderawasih Pos)

APSI Papua: Prioritaskan Pendampingan

JAYAPURA-Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua Christian Sohilait ST. M.Si Meminta Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Papua agar mampu meningkatkan mutu pendidikan dan menjadi pengawas yang profesional dalam rangka memajukan pendidikan di Papua meski saat ini di masa Pandemi Covid 19.

Hal tersebut disampaikan Sohilat saat membuka acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 APSI di Papua yang digelar secara virtual, Senin (19/10). Tema dalam HUT APSI di Papua kali ini adalah Memberdayakan Pengawas Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Sohilait menambahkan APSI adalah garda terdepan dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia.Termasuk di Papua, organisasi ini mempunyai kemampuan memajukan sekolah serta mendorong anak-anak menjadi siswa yang dinamis dan memiliki daya saing.

“Mengingat pengawas sekolah adalah elemen yang langsung berinteraksi dengan institusi pendidikan, kepala sekolah, guru, dan siswa sehingga memiliki peluang untuk mengetahui berbagai masalah yang ada di pendidikan,” tutur Kadisdik.

Pengawas sekolah, lanjutnya, sudah seharusnya berperan sebagai penyambung kebijakan pemerintah di bidang pendidikan. Selain itu, sebagai fasilitator bagi pengawas sekolah/madrasah dalam mengembangkan karier, kenaikan pangkat, dan memperoleh penghargaan yang relevan serta sebagai pelindung pengawas sekolah/madrasah dalam menjalankan tugas keprofesian.

“Pengawas harus mengambil perannya bagaimana Pendidikan di Papua harus terus berjalan meski dimasa pandemi. Mau dia online atau tatap muka harus dipastikan berjalan baik agar anak-anak kita di Papua dapat tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas,”Pungkasnya.

Sementara itu Ketua APSI Papua Paulus Gandeguai mengajak kepada pengawas sekolah seluruh Papua untuk memprioritaskan melakukan pendampingan guru dalam mengaktivasi pembelajaran jarak jauh yang berkualitas, mendampingi kepala sekolah secara daring maupun luring dalam pengelolaan sekolah efektif dan pendampingan dalam transformasi ekosistem pendidikan yang memerdekakan.

“Semoga dalam masa pandemik ini seluruh pengawas di Provinsi Papua tetap eksis dan mengawasi sekolah binaannya sesuai hierarki sesuai aturan sesuai tugas pokok kita masing-masing,”pungkasnya.(gra/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *