Dukung Perubahan Nama Bandara Sentani Jadi Theys Eluay

Suasana di halaman Bandara Sentani namanya akan diubah menjadi Bandara Theys Eluay. Bupati mendukung perubahan nama Bandara Sentani menjadi Bandara Theys Eluay. ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, MathiusAwoitauw, SE, M.Si mengaku mendukung penuh rencana pergantian nama Bandara Sentani menjadi Bandara Theys Eluay.

Tentu bukan tanpa alasan orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu mendukung rencana pergantian nama Bandara Sentani itu.  Menurutnya, nama Theys Eluay sangat tepat jika diabadikan jadi nama bandara di Sentani. Karena Theys Eluaylah yang sesungguhnya telah memprakarsai kebangkitan masyarakat adat di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura dan itu sudah mulai dilakukan oleh tokoh tersebut sejak 1960-an.

“Bandara Sentani itu saya setuju dikasih nama Bandara Theys Eluay, tapi dasar pemikiran kami beda. Theys Eluay itu figur adat, asli. Karena Tahun 60-an beliau itu sudah punya forum namanya Forum Musyawarah Adat Sentani,”kata Bupati Mathius di sela-sela upacara kebangkitan masyarakat adat di Kemtuk, Senin (19/10), kemarin.

Tokoh Theys Eluay  yang pertama kali memprakarsai bagaimana ada dewan suku, adat dan lembaga musyawarah. Karena adat itu ada di kampung-kampung. Karena itu, ada masalah lintas kampung itu harus dibicarakan atau difasilitasi oleh satu wadah. Itu pertama kali untuk Papua diprakarsai oleh Theys Eluay.

Karena itu wajib hukumnya, karya besar itu perlu diapresiasi oleh pemerintah. Terutama terkait dengan kebangkitan masyarakat adat yang sebenarnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *