Pertamina akan Tambah 16 KL Solar Setiap SPBU

Antrian solar di SPBU Hawai Sentani, Jumat (16/10) kemarin. Untuk memenuhi kebutuhan solar di masyarakar, Pertamina akan menambah 16 KL solar di setiap SPBU di Kota dan Kabupaten Jayapura.   (Foto : Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Terkait dengan antrian truk dan kendaraan lainnya berbahan bakar solar yang terjadi akhir-akhir ini di SPBU-SPBU, Pertamina pastikan ketersediaan stok solar dalam kondisi aman. Bahkan sampai dengan bulan September, stok solar di Pertamina mencapai 40 persen dari total kuota 2020 untuk Papua sebesar 1.000 KL dan sudah terserap 60 persen.
Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Regional VIII, Edi Mangun menjelaskan, kondisi ini bertahan dikarenakan masa pandemi dan terjadi pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap arus kendaraan, sehingga stok solar mengalami penghematan konsumsi.
‘’Meski demikian kami tetap menyiapkan diri mengingat ke depan ada event besar yang akan dilakukan yaitu Natal dan Pilkada serentak. Dua event tersebut biasanya akan terjadi peningkatan kebutuhan solar. Momen Natal saja biasanya ada peningkatan apa lagi saat ini ditambah dengan Pilkada, karena kegiatan mobilisasi orang dan barang akan sangat meningkat,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (16/10).
Lanjutnya, kebutuhan BBM khususnya solar memang mengalami kenaikan, karena dalam beberapa waktu terakhir ini, akses jalan dari Wamena – Jayapura sudah terbuka, sehingga kendaraan dari Wamena yang turun ke Jayapura memang akan melakukan pengisian BBM di Jayapura dan sekitarnya.
Bahkan pengisian solar juga dilakukan dalam jumlah banyak mengingat akses jalan dari Wamena –Jayapura mapun sebaliknya, tidak ada SPBU lain selain SPBU yang berada di Jayapura dan sekitarnya, sehingga ketika melakukan pengisian sudah pasti dilakukan dengan porsi banyak.
“Meski terjadi antrian solar dari Jayapura – Sentani bukan menjadi indikator kelangkahan solar, yang mana sering terjadinya antrian pada jam-jam tertentu disebabkan oleh banyaknya aktivitas pembangunan khususnya di Kabupaten Jayapura dan juga aktivitas kendaraan Wamena- Jayapura,” terangnya.
Lanjutnya, dengan kondisi tersebut, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan menyediakan tambahan solar ke setiap SPBU yang ada di Kota Jayapura – Sentani khususnya yang sering mengalami antrian truk dan kendaraan lainnya untuk mengisi solar.
“Penambahan solar yang kami berikan yaitu setiap SPBU mendapatkan tambahan 16 KL atau 16.000 liter, yang disediakan berdasarkan kebutuhan dari SPBU masing-masing,” pungkasnya. (ana/ary)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *