Tanpa SITU SIUP Sekarang Sudah Bisa Buka Usaha

Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru ketika memberikan arahan pada pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Kualitas SDM UKMK yang digelar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Dinas Perindagkop Provinsi Papua dan Yayasan Papua Muda Inspiratif di Swisbell Hotel Jayapura, Senin (12/10) (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Sebuah pernyataan yang membangkitkan semangat untuk berwirausaha disampaikan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Saru MM  pada pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Kualitas SDM UKMK yang digelar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Dinas Perindagkop Provinsi Papua dan Yayasan Papua Muda Inspiratif. Dihadapan 160 peserta pelatihan, Rustan menyampaikan bahwa saat ini tidak perlu lagi pusing mengurus SITU (Surat Ijin Tempat Usaha) maupun SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) selama ini berusaha.

Pernyataan ini jelas mengundang tanya sebab dimana – mana aturan main jika ingin membuka usaha maka harus mengantongi persyaratan di atas. Namun disini Rustan menyampaikan bahwa tanpa ijin usaha juga sudah banyak yang melakukan dan  itu berhasil sampai sekarang. Ia memaksudkan adalah penjualan barang yang dilakukan secara online atau lewat market place dimana selama ini tidak membutuhkan surat – surat tersebut.

“Yang dibutuhkan hanya gadget, hanya Hp android untuk bisa mengirim gambar serta harga barang, hanya itu,” beber Rustan dalam pelatihan yang digelar di Swisbell Jayapura, Senin (12/10). Ia merespon penyampaian Ketua Yayasan Papua Muda Inspiratif, DR Rini Modouw soal “emas”  dimana saat ini emas sudah ditemukan tinggal bagaimana dibuat menjadi jauh lebih berharga. “Saya setuju penyampaian ibu Rini bahwa adik – adik ini emas, emas yang harus dipoles dan digarap sedemikian rupa untuk menjadi lebih mahal. Janga malu berusaha sebab banyak yang ingin bergabung tapi belum mendapat kesempatan apalagi PON tahun 2021 nanti ada banyak yang membutuhkan makanan, souvenir, kaos dan lainnya. Saya berharap peluang ini bisa diambil,” jelas Rustan. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *