Fokuskan Atletnya Untuk PON Papua

Kenius Kogoya. (FOTO: Erik / Cepos)

KONI Papua

JAYAPURA – Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya berharap, jadwal pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 yang dijadwalkan pada tanggal 02 – 13 Oktober tidak mengalami perubahan.

Pasalnya ia Kenius mengaku, sebagian atletnya dipanggil untuk memperkuat beberapa cabang olahraga di Sea Games Vietnam dan Olimpiade Tokyo.

Kata Kenius, untuk Olimpiade Tokyo yang digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang tidak menggangu kesiapan atletnya. Hanya saja, untuk Sea Games Vietnam yang digelar pada tanggal 21 hingga 2 Desember sangat berdekatan dengan jadwal pelaksanaan PON Papua.

“Mungkin waktu pelaksanaan PON tetap di awal bulan Oktober, sehingga masih ada kemungkinan mereka melakukan persiapan untuk Sea Games, tapi kalau PON dilaksanakan di atas dua puluhan, maka saya jamin atlet yang ikut PON tidak Sea Games waktu untuk persiapan sangat mepet,” ungkap Kenius, Kamis (8/10).

Tapi untuk Olimpiade Tokyo, kata Kenius, beberapa atlet Papua akan dikirim untuk membela sang Garuda, termasuk atlet Renang, Selam dan Dayung.

“Sudah ada atlet kita yang dipanggil untuk mengikuti Pelatnas diantaranya atlet renang, selam dan dayung untuk olympic games. Kalau Sea Games kita belum berani, karena waktunya sangat mepet,” ujar Kenius.

Kata Kenius, KONI akan lebih fokus menyiapkan atlet andalan mereka untuk PON ketimbang Sea Games. Pasalnya, hajatan nasional kali ini diselenggarakan di Bumi Papua, sehingga KONI pun ingin mengukir prestasi terbaik di pentas olahraga empat tahunan tersebut.

“Pasti kita akan mengarahkan mereka (atlet) untuk membela tuan rumah, untuk berikutnya baru kita persilahkan untuk ikut Sea Games. Tapi saat ini kita persiapkan mereka untuk fokus membela tuan rumah. Untuk sea games ya mungkin atlet lain bisa ikut dulu. Kalau Olimpiade ya bisa kita izinkan,” tandasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *