Di Biak,  Angka Kasus Covid-19  “Meledak”

dr. Ricardo Mayor, M.Kes ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Kasus Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor jumlahnya meledak. Seperti data yang disampaikan oleh Tim Kesehatan Gugus Tugas Percepatanyan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor angka Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor dalam sebulan terakhir ini grafiknya terus meningkat, bahkan secara komulatif telah mencapai 390 kasus pasien yang positif terkomfirmasi Covid-19.

  Dari jumlah banyak 390, telah dinyatakan sembuh 152 dan telah kembali ke rumahnya, sedangkan yang masih dirawat sebanyak 232  pasien, sedangkan 6 orang telah dinyatakan meninggal dunia. Jika melihat wilayah sebaran per distrik maka jumlah terbanyak berada di wilayah Distrik Samofa dan Distrik Biak Kota.

  Di Distrik Biak Kota sebanyak 173 kasus dinyatakan positif terkomfirmasi Corona, dan dari jumlah sebanyak itu 69 telah dinyatakan sembuh dan 100 orang masih dalam perawatan. Sementara di wilayah Distrik  Samofa sebanyak 176 kasus positif, dimana masih dirawat 101 orang dan lalu yang telah sembuh  73 orang pasien.

  Direktur RSUD Biak dr. Ricard Ricardo Mayor, M.Kes mengatakan grafik peningkatan angka kasus positif Covid-19 terlihat cukup besar dalam beberapa minggu terakhir. Bahkan menurutnya, jika dilihat dari grafik peningkatannya maka angka peningkatannya meledak, bahkan mencapai 200 % dari jumlah kasus satu bulan sebelumnya.

  “Pasien ini ada yang dirawat di rumah sakit dan ada karantina mandiri, sebab untuk menampung pasien sebanyak ini memang kami kewalahan dari sisi tempat. Apalagi kalau dilihat dari angkanya terus mengalami peningkatan, peningkatannya 200% lebih,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos.

  Terkait dengan itu, maka dukungan dari semua pihak, dukungan dari masyarakat dalam bentuk kesadaran tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sangat penting. Misalnya saja memperhatikan penggunaan masker, cuci tangan setiap saat dengan menggunakan sabun, menghindari kerumunan dan sejumlah lainnya.

  “Disiplin dalam mengaja diri dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sangat penting, kalau masyarakat tidak memperhatikan ini dengan baik maka angkanya akannya akan terus meningkat, tolong lah, mari kita sama-sama berusaha memutuskan mata rantai Covid-19  dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” imbuh dr. Mayor.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *