Taklukkan Papua United, SSB Mc Arthur Juara

SSB Mc Arthur saat menerima Piala bergilir Pangdam XVII Cenderawasih usai menjadi kampiun Piala Pangdam Cup usia 12-14 tahun yang berlangsung di lapangan Sepakbola Makodam XVII Cenderawasih, Senin (5/10). ( FOTO: Erik / Cepos)

Pangdam Cup

JAYAPURA – SSB Mc Arthur sukses menjadi kampiun dalam turnamen Piala Pangdam Cup usia 12-14 jilid II. SSB Mc Arthur sukses mengalahkan juara bertahan SSB Papua United dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Aples Ansaka pada babak pertama, berlangsung di lapangan Sepak Bola Makodam XVII Cenderawasih, Senin (5/10).

SSB Mc Arthur pun berhak atas piala tetap dan piala bergilir serta uang pembinaan senilai Rp 25 juta. Sementara SSB Papua United mendapatkan piala tetap dan uang pembinaan senilai Rp 20 juta.

Sementara juara ketiga diraih oleh SSB Nafri,  disusul SSB Batik di peringkat empat. SSB Nafri memperoleh piala tetap dan uang pembinaan senilai Rp 15 juta, sementara SSB Batik juga meraih piala tetap dan uang pembinaan senilai Rp 5 juta.

Sementara untuk pemain terbaik diraih oleh pemain SSB Yamua Arso 6, Sugeng. Sementara top skor diraih oleh Steven pemain asal SSB Papua United.

Turnamen Piala Pangdam Cup Jilid II ini diikuti sebanyak 20 tim yang dibagi dalam 4 pool dengan mengunakan sistem setengah kompetisi.

Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) XVII Cenderawasih Letkol Inf Asep Supriyanto mengatakan, bahwa Piala Pangdam Cup jilid II ini dalam rangka memperingati HUT TNI ke-75.

“Ajang ini juga untuk mencari bibit-bibit sepakbola muda untuk dilanjutkan ke program pembentukan sekolah sepakbola seperti diklat ragunan dengan kerjasama bersama Pemkab Jayapura di jenjang level mulai U-14, diharapkan akan lahir pesepakbola handal untuk ke tingkat nasional,” ungkap Kajasdam Asep Supriyanto usai pertandingan.

Kata Kajasdam Asep Supriyanto, Piala Pangdam Cup akan menjadi agenda tahunan Makodam XVII Cenderawasih untuk menunjang program Kodam XVII Cenderawasih dalam membentuk sebuah sekolah khusus sepak bola.

“Ini akan menjadi agenda tahunan yang mungkin bisa bekerjasama dengan Pemerintah daerah. Tapi kalau pangdam cup sendiri masih akan berlanjut nantinya,” ucap Kajasdam Asep Supriyanto.

Sementara itu salah satu mantan pemain Persipura, Chris Yarangga sangat melayangkan pujian kepada Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab yang sudah memberikan wadah bagi pembinaan usia dini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pangdam karena telah membuat turnamen ini. Tujuan kita pelatih kan untuk membina anak-anak ini agar bisa menjadi pesepakbola yang handal. Apalagi di tengah covid-19 jadi anak-anak tak hanya pasif di rumah tapi ada fokus ke hal positif lainnya,” ujar Chris.

“Saya sebgaai mantan pemain minta kepada Pemprov Papua maupun Pemerintah Kabupaten Kota agar bisa lihat hal kecil ini untuk membina bibit sepakbola Papua, tapi juga harus ada turnamen atau wadah untuk para pesepakbola muda,” tandasnya. (eri).

Sekedar diketahui, Piala Pangdam Cup usia 12-14 tahun yang berlangsung selama sebulan lebih tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *