Normal, September Kunjungan Kapal Barang 320 Kali

Aktivitas di Pelabuhan Peti Kemas Jayapura, Selasa (6/10) kemarin. Saat ini aktivitas bongkar muat relatif normal dan stabil. ( FOTO: Yohana/Cepos)

Untuk Kapal Penumpang Turun Hanya 5 Kali Kunjungan

JAYAPURA – PT. Pelindo IV (Persero) Cabang Jayapura mencatat aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Jayapura masih berjalan normal, khususnya untuk aktivitas kapal barang. General Manager Pelindo IV (Persero) Cabang Jayapura, Sonny Uktolseya menjelaskan, aktivitas kunjungan kapal barang yang masuk di Pelabuhan Jayapura masih dalam kategori normal, yakni di bulan September tercatat sebanyak 320 kunjungan kapal.

“Hanya saja memang khusus untuk kapal penumpang mengalami penurunan aktivitas kunjungan kapal, yang tadinya 9 kunjungan setiap bulan menjadi 5 kunjungan kapal saja. Ini yang mempengaruhi aktivitas kunjungan kapal di Jayapura, tapi untuk kapal barang memang masih normal,”ungkap Sonny kepada Cenderawasih Pos, Selasa (6/10).

Diakuinya, arus barang yang masuk di Pelabuhan Jayapura, sebanyak 830.850 ton dan arus peti kemas sebanyak 139.375 teus. Sementara arus penumpang yang masuk di Pelabuhan Jayapura 107.448 orang.

Lanjutnya, sampai dengan saat ini aktivitas arus bongkar muat di Pelabuhan Jayapura masih sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Hanya yang mengalami perubahan adalah arus penumpang dan kunjungan kapal Pelni.

“Dengan adanya pembatasan kunjungan kapal dan imbauan atau Juknis yang ditetapkan Pemprov yang tidak memperbolehkan penumpang dari Jayapura berangkat menggunakan kapal laut, memang cukup mempengaruhi aktivitas penumpang di Pelabuhan Jayapura,” tambahnya.

Pihaknya khawatir jika kondisi ini berlanjut sampai dengan Desember akan terjadi penumpukan penumpang dalam jumlah besar karena akses penumpang mengikuti kapal laut akan lebih besar dibandingkan dengan yang mengikuti pesawat.

Pihaknya berharap, ke depannya situasi bisa kembali normal, guna mencegah membludaknya penumpang kapal laut pada saat momen Natal dan Tahun Baru. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *