Tertibkan PKL yang Berjualan di Atas Trotoar

Sejumlah pedagang yang berjualan di atas trotoar Jalan Utama Kota Sentani, Sabtu (3/10). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam hal ini Dinas Perhubungan diminta menertibkan aktivitas Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di atas trotoar di beberapa titik di Kota Sentani. Hal ini dianggap sangat mengganggu aktivitas para pejalan kaki.

“Kami minta Dinas Perhubungan menertibkan PKL yang berjualan di atas trotoar,”ungkap Aldo, salah satu pejalan kaki kepada wartawan di Sentani, Sabtu (3/10).

Menurut Aldo, aktivitas para PKL yang menggunakan jalur trotoar di Kota Sentani bukan persoalan baru. Hal ini sudah terjadi sejak lama dan seolah-olah dibiarkan oleh pemerintah.

“Ini sudah lama, tapi seperti dibiarkan tentu sangat mengganggu. Kalau seandainya trotoar dipakai untuk berjualan, apa kita harus minta juga pasar ditutup karena tidak ada gunanya lagi untuk mereka,” bebernya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ketika trotoar ini dipakai untuk berjualan, akhirnya para pejalan kaki terpaksa harus menggunakan jalan raya. Padahal tindakan ini sangat beresiko bagi pejalan kaki.

Pantauan media ini, beberapa titik trotoar di sekitar Kota Sentani memang seringkali dialihfungsikan bagi aktivitas pedagang. Salah satunya di daerah Pasar Lama, Jalan Kemiri dekat simpangan jalan menuju Genyem. Ini harus menjadi perhatian pemerintah supaya fasilitas-fasilitas jalan dimanfaatkan kembali sesuai peruntukannya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *