Kasus Positif Baru Masih Terus Meningkat

dr. Silwanus Sumule, SPp.OG(K)., ( FOTO: Gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Juru Bicara Satas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., menyebutkan bahwa hingga kini kasus terkonfirmasi Covid 19 telah mencapai 6.736 kasus secara kumulatif, di mana pasien dirawat mencapai 37,4 persen atau setara 2.518 pasien.

Pada Sabtu (3/10) lalu, terjadi penambahan sebanyak 141 kasus positif baru, di antaranya 37 kasus di Mimika, 4 kasus di Yapen, 3 kasus di Jayawijaya, 4 kasus di Kabupaten Jayapura, 40 kasus di Biak Numfor, 2 kasus di Boven Digoel, 5 kasus di Merauke, dan 7 kasus di Nabire, serta 39 kasus di Kota Jayapura.

Peningkatan kasus positif baru yang signifikan ini tentu menjadi perhatian semua pihak, bukan hanya pemerintah, melainkan juga masyarakat yang secara disiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak, hingga tidak berkumpul.

Apalagi kala mengingat bahwa pemerintah saat ini juga tengah melakukan berbagai upaya guna menurunkan rasio penularan Covid 19 (Rt; effective reproduction number) minimal di angka 1 atau bahkan di bawah angka 1.

“Ini kita mau turunkan di angka 1, tapi malah naik tinggi sekali sampai di angka 2,8. Kita lihat juga kasus positif secara kumulatif naik dua kali lipat kasusnya,” ungkap Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., Kamis (1/10) lalu.

“Mari kita sadar untuk menjalankan protokol kesehatan yang tidak lain untuk memutus mata rantai penularan Covid 19,” pungkasnya. (gr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *