Sepak Bola PON Hati-hati Cari Pelatih Fisik

Eduard Ivakdalam ( FOTO: Erik / Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Hingga saat ini cabang olahraga Sepak Bola PON Papua belum memiliki pelatih khusus fisik. Tapi hal tersebut bukan kendala bagi cabang olahraga unggulan Papua, buktinya, hingga saat ini Ricky Cawor dan kawan-kawan tak pernah berhenti berlari sepanjang 90 menit.

Pelatih kepala Sepak Bola PON Papua, Eduard Ivakdalam mengaku, ia harus ekstra hati-hati dalam menentukan sosok pelatih fisik dalam timnya. Pasalnya ia tak ingin buru-buru mendatangkan pelatih fisik yang nantinya menjadi bumerang bagi timnya sendiri.

Apalagi selama ini, Eduard mengaku mampu menerapkan program fisik dalam latihan timnya. Sehingga apa yang dilakukan oleh Edu sapaan akrabnya sama persis yang telah dilakukan oleh para pelatih modern saat ini.

Meski begitu, mantan kapten Persipura Jayapura itu mengaku tim tetap butuh sosok pelatih fisik. Tapi ia tak ingin gegabah menunjuk pelatih fisik yang akan mendampinginya.

“Setiap tim memang butuh pelatih fisik, tapi kita juga harus jeli untuk melihat pelatih fisik siapa yang akan datang. Agar kita bisa bekerja sama-sama, jangan sampai jalan sendiri, kita jalan sendiri. Kadang ini juga menjadi bumerang buat kita, apalagi jika pelatih kita datangkan dari luar,” ungkap Edu kepada Cenderawasih Pos, Senin (28/9).

“Selama ini saya berusaha menjalankan semua program, dimana sampai hari ini terbukti saat anak-anak bisa berlari sampai pertandingan selesai,” sambungnya.

Menurut Edu, saat ini beberapa calon pelatih fisik telah membangun komunikasi dengan dirinya. Tapi ia mengaku harus selektif dalam menentukan pelatih fisik tersebut.

“Kita harus jeli memilih, dia harus benar-benar mencintai tempat ini (Papua), mau bekerja loyal di tempat ini. Memang kita butuh figur pelatih fisik untuk membantu kita menerapkan taktik strategi,” tandasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *