Perhatian Khusus bagi Lanny Jaya, Tolikara dan Jayawijaya

Klemen Tinal, SE., MM (Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA– Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., meminta 8 kabupaten di Papua untuk terus mempertahankan kehijauannya dari penularan Covid 19. Seperti diketahui, terdapat 8 kabupaten yang sama sekali belum terdampak Covid 19, di antaranya Asmat, Deiyai, Dogiyai, Yahukimo, Intan Jaya, Mamberamo Raya, Nduga, dan Puncak.

Sedangkan 21 kabupaten/kota lainnya sudah terdampak Covid 19, di antaranya Kota Jayapura, Mimika, Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Nabire, Yapen, Keerom, Jayawijaya, Merauke, Lanny Jaya, Tolikara, Boven Digoel, Yalimo, Supiori, Sarmi, Pegunungan Bintang, Paniai, Mappi, Memberamo Tengah, Waropen, dan Puncak Jaya.

“Jadi, kabupaten yang masih hijau tetap pertahankan. Kemudian, pemerintah kabupaten di wilayah pegunungan, terutama Tolikara, Lanny Jaya, dan Jayawijaya harus lebih serius menangani Covid 19, sebab, sebelumnya itu mereka ini daerah hijau, tapi sekarang sudah jadi daerah merah,” ungkap Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., Selasa (29/9) kemarin.

Berdasarkan data Satgas Covid 19 per 27 September lalu, diketahui bahwa jumlah kasus positif Covid 19 secara kumulatif di Jayawijaya sudah mencapai 89 kasus, di mana 29 pasien dirawat dan 60 pasien sembuh. Sedangkan di Lanny Jaya, dari total 27 kasus kumulatif, 19 pasien di antaranya masih dirawat, sedangkan 7 pasien sudah sembuh. Adapun Tolikara memiliki total 27 kasus positif kumulatif, di mana 6 pasien masih dirawat dan 21 pasien lainnya sudah dinyatakan sembuh.

“Jadi, tiga daerah di wilayah gunung, yakni Tolikara, Lanny Jaya, dan Wamena (Jayawijaya) merupakan pintu masuk ke wilayah gunung. Makanya harus lebih giat lagi kita jaga,” pungkasnya. (gr/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *