Angka Covid-19 Meningkat, Masyarakat Harus Taat Protokol Kesehatan

Petugas medis di Puskesmas Biak Kota ketika siaga melakukan pemeriksaan swab, Selasa (29/9) kemarin, menyusul melonjaknya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor. ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra, SH.,MM kembali mengingatkan masyarakat supaya tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Masyarakat diminta memperhatikan hal-hal pencegahan supaya tidak tertular dengan Virus Corona tersebut.

   Hal tersebut kembali disampaikannya mengingat kasus Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor, angkanya terus mengalami peningkatkan. Bahkan penularannya sudah tidak lagi dari luar, namun hampir semuanya kasus  atau pasien Corona yang ditangani saat ini penularannya melalui transmisi lokal di Kabupaten Biak Numfor.

   “Sebagai Gugus Tugas dan atas nama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor kami kembali mengingatkan kepada kita semua, kepada masyarakat dan siapa saja supaya tetap menjaga diri. Perhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun setiap saat, hindari kerumunan dan lainnya. Ini perlu menjadi perhatian bersama karena Virus Corona sudah ada dimana-mana,” pungkas Markus Masnembra yang juga adalah Sekda Biak Numfor.

   Secara komulatif jumlah pasien yang terkomfirmasi positif tertular Virus Corona di Kabupaten Biak Numfor hingga dengan Selasa (29/9) telah menembus angka 320 orang. Dari jumlah sebanyak itu dinyatakan sembuh sebanyak 141 orang dan telah kembali ke rumahnya masing-masing, sementara yang meninggal sudah 6 orang.

   Sebelumnya Direktur RSUD Biak dr. Ricardo Mayor, M.Kes mengatakan, bahwa dukungan dari masyarakat untuk menekan laju penularan  Covid-19 sangat menentukan. Untuk itu, maka pihaknya di RSUD Biak juga telah memperketat aturan kunjungan dan membatasi jam besuk di RSUD Biak, termasuk orang yang menjaga pasien.

  “Kita tidak boleh mengganggap enteng persoalan Covid-19 ini, tenaga medis di RSUD Biak sudah banyak yang kena dan diisolasi. Kalau dilihat dari jumlahnya terus mengalami peningkatan dan tolong lah masyarakat ikut membantu menjaga diri dan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 ini,” tandasnya.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *