Penyebab Kematian Covid Karena Penyakit Penyerta

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., memberikan teguran kepada salah satu warga yang tidak memakai masker dan terjaring di depan jalan PTC Entrop, Senin (28/9) kemarin. (FOTO: Priyadi/Cepos)   

JAYAPURA-Dari data yang dianalisa oleh Dinas Kesehatan Kota Jayapura kasus kematian pasien yang banyak meninggal akibat terpapar Covid-19 karena memiliki penyakit obesitas (kegemukan), kemudian penyakit komorbid atau yang menyertai seperti diabetes, tekanan darah tinggi, sehingga imunitas tubuhnya rendah tidak bisa dikendalikan dan penyakit itu masuk lagi sehingga lebih berat untuk disembuhkan.

Untuk itu, masyarakat yang punya sakit bawaan atau penyerta harus selalu diwaspadai, jika terpapar Covid-19 segera tingkatkan imunitas tubuh supaya virus Corona bisa dilawan dengan kekebalan tubuh.  “Bagi pasien OTG harus benar-benar bisa menjaga imunitas tubuh karena penting untuk pemulihan penyembuhan,’’katanya, Senin (28/9)kemarin.

Walaupun demikian, kata Sri Antari memang saat ini kasus OTG mengalami kematian tanpa sebab karena Corona Happy Poxy (kematian silent) di Kota Jayapura belum ada, tapi ini tetap harus menjadi perhatian bersama. Pasalnya kematian tanpa sebab pasien positif Corona ini dan mudah-mudahan di Kota Jayapura tidak ditemukan.

Sementara itu, Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., mengaku, pemusatan karantina pasien Covid-19 di Kota Jayapura di Rumah Sehat Hotel Sahid Jayapura karena dengan dilakukan karantina seperti ini tingkat kesembuhan lebih tinggi dan pelayanan perawatan juga lebih maksimal daripada isolasi mandiri di rumah, karena justru bisa menyebabkan klaster baru di keluarga.

Oleh karena itu, selama menjalani karantina di hotel diharapkan bisa mengikuti prosedur dan aturan yang ada, karena jika pasien melakukan ini tingkat kesembuhan bisa lebih cepat dan bisa segera keluar untuk bertemu keluarga atau bekerja.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *