Korban Miras, Perlu jadi Perhatian Serius Pemerintah

Marinus Yaung ( FOTO: dok/Cepos)

Sudah Berkali-kali Orang Mabuk Tabrak Orang

JAYAPURA – Peristiwa tertabraknya Polwan oleh Wabup Yalimo yang dipengaruhi Miras mengundang keprihatinan dari semua kalangan. Bahwa di Papua atau Kota Jayapura yang mudah mendapatkan miras  nantinya akan selalu memberi ancaman kepada masyarakat lainnya.

  Akademisi Universitas Cenderawasih Marinus Yaung, mengatakan kejadian yang menimpa salah satu polwan hingga meninggal dunia karena ditabrak oleh Wakil Bupati Yalimo dalam keadaan miras merupakan kejadian berulang yang pernah terjadi namun pemerintah kota tetap saja lalai.

“Kejadian orang Papua bawa mobil atau motor dalam keadaan dikuasai minuman keras atau mabuk, dan tabrak orang mati di tempat, sudah berkali-kali terjadi di Kota Jayapura.  Pemerintah sepertinya tidak peduli dengan nyawa warganya,” katanya kepada Cenderawasih Pos,  Kamis, (17/9) kemarin.

Ia mengatakan pemerintah seharusnya serius melihat situasi masyarakat yang ada di kota Jayapura dengan pola kebiasaan hidupnya hingga yang mengkonsumsi alkohol yang harus dijaga oleh pemerintah dengan aturan yang tegas.

“Sudah tahu banyak uang di tangan orang Papua, dihabiskan hanya untuk miras dan urusan selangkangan, jadi perlu ada peraturan daerah yang tegas dan ketat terhadap masalah miras dan selangkangan,” katanya.

Ia juga meminta Pemerintah Jangan malas tahu dengan keadaan ini, dimana kota Jayapura juga sudah harus punya data lengkap, kelompok manusia dari komunitas mana dan usia berapa yang suka konsumsi miras.

“Agar ada pengawasan yang ketat dan tegas terhadap komunitas tersebut. Atau lebih tegas, bebaskan kota Jayapura dari bisnis minuman keras kejadian ini harus jadi perhatian serius, pemkot,” katanya.(oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *