Awal Oktober, CPNS Baru Mulai Bertugas

Alex Rumbobiar

SENTANI-Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jayapura, Alex Rumbobiar mengatakan, berdasarkan ketentuan yang ada, hasil Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 yang baru saja diumumkan, seharusnya sudah mulai melaksanakan tugasnya pada awal Oktober nanti.

“Nanti kita lihat Terhitung Mulai Tanggal (TMTnya), kalau dikeluarkan 1 Oktober, berarti mereka sudah harus masuk kerja. Tetapi kalau melihat ketentuannya, seharusnya Oktober itu sudah bisa, paling tidak penetapan NIP sudah selesai,” kata Alex Rumbobiar ketika ditemui di Kantor BKD Kabupaten Jayapura, Selasa (8/9), kemarin.

Terkat dengan hal itu, saat ini pihaknya sedang mengurus administrasi atau pemberkasan dari seluruh CPNS baru yang dinyatakan lulus. Selain itu, pihaknya juga masih menunggu ada beberapa dokumen yang belum ditandatangani oleh Sekda Jayapura, sehingga diharapkan dokumen itu  secepatnya diselesaikan.

“Paling tidak, besok,hari ini, Rabu, (9/9) kita sudah droping data ini ke BKN. Kita punya jadwal yang ditentukan itu 7 sampai 9 September,”ujarnya.

Berdasarkan data fisik yang ada, proses pemberkasan yang sudah dinyatakan lengkap dari seluruh calon CPNS yang sudah dinyatakan lulus itu sekitar 85%.

Dia menegaskan, terkait penempatannya, tetap disesuaikan dengan formasi dan tempat yang sudah  dipilih oleh masing-masing pelamar CPNS formasi 2019 itu. Dia mencontohkan, ketika yang bersangkutan mengikuti formasi guru di Distrik Airu, maka yang bersangkutan tetap harus melaksanakan tugas atau pengabdiannya di Distrik Airu.

Dia mengakui, sebelumnya pemerintah juga sudah mengatur ulang penempatan  peserta CPNS formasi 2019 yang cenderung memilih wilayah kota. Sehingga menyebabkan kuota yang ada di pinggiran dan pedalaman tidak terisi.

“Kebijakan yang diambil kemarin, kita lihat hanya berdasarkan kebutuhan yang ada dan ada yang kosong, itu yang kita lihat. Tetapi itu rata-rata kita sudah buat berdasarkan kebutuhan yang ada. Kami juga sudah tanda tangan surat pernyataan, yang kami tanda tangan itu bahwa CPNS akan kita tempatkan sesuai ketentuan yang sudah ditentukan dari awal. Berdasarkan formasi dan lokasi kerja dari para pelamar,” tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *