Sylvano Pamit, Persipura Jajaki Legiun Asing

Sylvano Comvalius  (Foto : Erik / Cepos)

JAYAPURA – Di tengah persiapan Persipura Jayapura melakoni kompetisi Liga 1 2020/2021, kabar mengejutkan hadir dari bomber asingnya, Sylvano Comvalius yang memutuskan tak lagi bersama Persipura musim ini.

Melalui akun Instagram Persipura, striker berusia 33 tahun itu menuliskan pesan perpisahan, sekaligus menegaskan bahwa ia bukan lagi bagian dari Mutiara Hitam.

“Setelah bicara dengan keluarga saya dan pelatih Jacksen, dan manajemen Persipura dua minggu terakhir. Kami sampai pada kesimpulan bahwa tahun 2020 saya tidak akan kembali ke Persipura dan akan tetap di Eropa,” tulis Comvalius, Selasa (25/8).

Kebijakan penerbangan Belanda-Indonesia akibat Covid-19 menjadi alasan juru gedor asal Belanda itu enggan kembali ke Indonesia.

“Aturan Covid-19 di Indonesia membuat istri dan anak saya tidak bisa ikut saya lagi ke Indonesia. Sangat sulit bagi istri dengan bayi kecil saya, dan saya memutuskan untuk tidak meninggalkan mereka sendirian,” ujar Comvalius.

Mantan striker Arema FC itu mengaku, sangat berat untuk berpisah dengan klub kebanggan masyarakat Papua itu. Apalagi Comvalius merasa Persipura bukan sekedar klub baginya, tapi sebuah klub yang memiliki ikatan keluarga yang kuat.

“Sangat sulit bagi saya untuk mengambil putusan ini. Karena Persipura sudah seperti sebuah keluarga dan sekrang saya harus meninggalkan sebuah keluarga ini. Dan saya diberkati bisa bermain untuk keluarga ini,” ucap Comvalius.

“Kalian (persipura) lebih dari tim yang special dan saya akan selamanya bersyukur kepada Tuhan untuk memiliki pengalaman ini.
Tuhan memberkati kita semua dan semoga kita bisa bertemu kembali lagi,” ungkapnya.

Tentu putusan yang diambil oleh Comvalius menjadi kejutan bagi pencinta sepakbola tanah air. Pasalnya, top skor sepanjang masa Liga 1 itu belum memberikan kontribusi yang signifikan justru angkat kaki lebih dini.

Diketahui, Comvalius mengawali kariernya di pentas sepakbola tanah air bersama Bali Umited sejak tahun 2017 silam. Hanya semusim, Comvalius menjelma menjadi striker haus gol dan mencatatkan namanya sebagai top skor dengan 37 gol.

Tampil apik bersama Bali United bukan jaminan bagi Comvalius untuk bertahan. Ia kemudian berpetualang di Liga Thailand dan liga Malaysia. Putaran kedua liga 1 2019, Arema FC memulangkan Comvalius ke tanah air. Kemudian bergabung bersama Mutiara Hitam awal liga 1 2020.

Sementara itu, Asisten Manajer Persipura Jayapura, Ridwan Bento Manubun, menuturkan, pihaknya menghormati keputusan Comvalius, baik sebagai seorang profesional maupun sebagai seorang kepala keluarga.

“Bagi kami itu keputusan yang tepat, karena apapun situasinya keluarga harus diutamakan. Dan kami sangat menghormati keputusan Comvalius, tapi keputusan itu harus diambil, dan kita hormati itu,” kata Bento Manubun.

Mantan wartawan Papua itu mengaku, bahwa manajemen Persipura menghormati putusan pemain berpostur 192 cm itu. Bento pun mengaku, manajemen Persipura akan menjajaki pemain lain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Comvalius.

“Kita sampaikan terima kasih dan respek kepada Sylvano Comvalius atas kebersamàan yang singkat, semoga suatu saat kita bisa bekerjasama lagi. Kita akan bicara dengan coach Jacksen untuk langkah selanjutnya, terkait pemain pengganti,” tandasnya. (eri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *