Catat Sejarah, Pemkab Tolikara Raih Predikat WDP

Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si didampingi Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua, Paula Henry Simatupang, S.E., M.Si., Ak. Dan Wakil Ketua Sementara DPRD Tolikara Lenas Gire foto bersama beberapa kepala OPD Tolikara dan jajaran BPK Prov. Papua usai penyerahkan LHP LKPD Kabupaten Tolikara tahun 2019 di kantor BPK Papua di Jayapura, Rabu (19/8). (Foto :Diskominfo for Cepos)

JAYAPURA-Sejak Kabupaten Tolikara berdiri, baru kali ini Pemerintah Kabupaten Tolikara meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk hasil audit keuangan Tahun Anggaran 2019. Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan berlangsung di Kantor BPK Provinsi Papua di Jayapura, Rabu (19/8).

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo,SE.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, predikat WDP yang diberikan oleh BPK merupakan sebuah kado istimewa untuk masyarakat Tolikara dan semua unsur yang terlibat dalam meraih prestasi bersejarah ini.

“Terima kasih khususnya untuk BPK Perwakilan Papua, atas sinergitas dan kerja sama yang baik yang selama ini terus terjalin. Apa yang hari ini kami raih tak lepas dari monitoring dan masukan masukan dari BPK atas laporan yang kami telah rampungkan,” ujar Bupati Usman G. Wanimbo didampingi kepala Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tolikara, Samuel Kogoya, SH serta beberapa pimpinan OPD yang hadir pada kegiatan itu.

Dikatakannya, predikat WDP yang diraih saat ini merupakan awal dari sebuah semangat untuk memperolah hasil yang lebih baik. “Predikat WDP ini adalah awal dari pondasi pelaporan yang lebih akuntabel dan bersih di tahun – tahun yang akan datang. Jika tahun 2019 WDP kita telah raih maka paling tidak tahun depan bukan tidak mungkin opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bisa kita sematkan pada prestasi laporan keuangan kita di Kabupaten Tolikara,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tolikara, Samuel Kogoya, SH mengatakan, predikat WDP yang disematkan saat ini merupakan sebuah sejarah bagi Kabupaten Tolikara.

“Predikat WDP dari BPK ini baru pertama kali kita raih setelah 18 tahun Kabupaten Tolikara berdiri. Ini adalah sebuah hal positif yang membuktikan bahwa kita mampu merubah paradikma buruk yang selama ini melekat pada laporan keuangan kita di Papua. Optimisme Bupati untuk meraih WTP akan menjadi pemacu semangat kami di semua tingkatan OPD untuk lebih meningkatkan mutu pengawasan dan sajian meterial sesuai dengan rujukan DPA,” ungkapnya.

Ketua DPRD Tolikara yang diwakili Wakil Ketua sementara Lenas Gire juga memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Usman G. Wanimbo,SE,M.Si dan Badan Pemeriksa Keuangan BPK Perwakilan Papua telah bersinergitas dengan baik sehingga mampu menghasilkan Laporan Keuangan daerah sesuai dengan yang diharapkan. Prestasi seperti ini sudah lama kita impikan tetapi baru tahun ini kita terima,tentu karena banyak persoalan yang harus diselesaikan sesuai peruntukan.

“Saya mewakili pimpinan dan Anggota DPRD Tolikara berikan penghargaan tinggi kepada Bupati Usman G. Wanimbo telah bersinergi dengan BPK Perwakilan Papua dengan menata pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik. Dan menghasilkan sebuah prestasi yang tinggi”. ungkapnya. (Diskominfo Tolikara)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *