Ada Kasus Pasien Covid 19 Sembuh yang Sakit Lagi

dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) 

JAYAPURA- Sehubungan dengan revisi ke-5 tata kelola pasien Covid 19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, dokter penanggung jawab pasien Covid 19 diminta untuk memastikan dengan sangat tepat ketika harus memulangkan pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Dengan kata lain, selain memastikan aspek klinis, dokter penanggung jawab harus pula memastikan apakah pasien Covid 19 yang telah dinyatakan sembuh perlu untuk melakukan pemeriksaan ulang PCR atau tidak. Sebab ini sangat menentukan upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Sehubungan dengan hal itu, Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., mengaku bahwa sekiranya 2 – 3 bulan lalu, dirinya mendapatkan laporan bahwa terdapat kasus khusus di mana seorang pasien yang telah dinyatakan sembuh dipulangkan, namun kemudian harus kembali di rawat di rumah sakit karena mengalami keluhan sesak nafas.

“Jadi, pasien sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Namun, kembali lagi ke rumah sakit dengan keluhan sesak nafas. Kemudian kita lakukan swab ulang, dan hasilnya yang bersangkutan dinyatakan positif,” terang Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., Sabtu (15/8) lalu.

Ketika kemudian melihat rekam medisnya, sambung dr. Sumule, pasien tersebut juga memiliki penyakit penyerta dan satu penyakit kronis.

“Demikian, pada waktu itu, kami berkesimpulan bahwa pasien tersebut memiliki masalah pada imunitas tubuhnya, sehingga walaupun sudah dinyatakan negatif, namun karena kondisi imun yang tidak begitu baik, maka ketika ada kontak lagi, didapatkan hasil positif. Namun kasus itu tidak banyak, hanya satu kasus yang sempat dilaporkan kepada kami,” pungkasnya. (gr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *