Merah Putih 1000 Meter Membentang Pantai Holtekamp

Suasana pembentangan merah putih sepanjang 1000 meter di hamparan pantai Holtekamp Jayapura, Sabtu (15/8) siang. Foto: Erik /ceposonline

JAYAPURA – Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun 2020, Pemuda Panca Marga PPM) provinsi Papua bersama Rumah Bakau Jayapura mencatatkan sejarah baru atas pembentangan merah putih terpanjang di Bumi Papua.

Sambil diiringi dengan lagu-lagu nasional kemerdekan, kain yang memiliki panjang 1000 meter itu dibentangkan sekitar 300 pemuda sepanjang hamparan pantai Holtekamp Jayapura, Sabtu (15/8) Kemarin.
Sebelum pembentangan, didahului dengan prosesi upacara yang dipimpin langsung oleh Ketua Pemuda Panca Marga provinsi Papua, Boy Markus Dawir.

Butuh sekitar 30 menit untuk mencapai kedua ujung bendera tersebut. Meski terik matahari kala itu benar-benar menyengat, tak menyurutkan semangat jiwa kemerdekaan para pemuda agar merah putih tetap berkibar tanpa menyentuh pasir pantai.
Ketua Pemuda Panca Marga provinsi Papua, Boy Markus Dawir menjelaskan, bahwa pengibaran merah putih tersebut merupakan inisiatif para Pemuda Panca Marga Papua dan Rumah Bakau Jayapura serta berkerja sama dengan Kodam XVII/ Cenderawasih, Polda Papua, Resimen Mahasiswa, pemuda Seireri, dan beberapa komunitas Pemuda Papua lainnya.
Kata Boy, bentangan merah putih sepanjang satu kilo meter itu sebagai wujud jiwa nasionalisme pemuda Papua menyambut hari kemerdekaan HUT kemerdekaan RI.
“Kami ingin menyampaikan kepada Dunia dan saudara kami dari Sabang sampai Merauke, bahwa Papua sampai saat ini masih menjadi bagian dari Indonesia,” ungkap Boy kepada awak media di sela-sela pengibaran.
Ia mengajak seluruh pemuda Papua sebagai generasi bangsa, dengan momentum hari kemerdekaan dapat meningkat semangat pemuda Papua untuk terus mendukung cita-cita bangsa.
“Ini penting, terutama kepada generasi muda untuk bisa memaknai ini dan mempunyai semangat dan tekad mendukung, serta tidak terpengaruh dengan isu apapun,” tandasnya. (eri)

1 thought on “Merah Putih 1000 Meter Membentang Pantai Holtekamp

  1. Pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *