Jangan Klaim Atas Nama Rakyat untuk Tolak Otsus

Orgenes Kawai (FOTO: Gamel Cepos)

JAYAPURA – Perbincangan tentang Otonomi Khusus di Papua  hingga kini terus menuai kontroversi. Ada kelompok yang menolak karena menganggap Otsus gagal namun ada juga kelompok yang menyatakan Otsus perlu dilanjutkan karena menjadi obat untuk pembangunan di Papua . Dan kalaupun  ada kelemahan seharusnya dievaluasi dan bukan menyatakan menolak.

Begitu juga dengan kelompok yang selalu mengatasnamakan rakyat untuk menolak Otsus. Terkait ini salah satu anggota DPR Papua , Orgenes Kawai menengahi bahwa jika ingin menolak Otsus ataupun menerima Otsus sebaiknya didasari dengan alasan dan bukti. Jangan hanya bicara gagal namun tidak mampu menunjukkan bukti. Jangan hanya bicara berhasil namun tanpa bukti. “Kalau mengatakan menolak dan mengatasnamakan rakyat pertanyaannya adalah rakyat yang mana, mari tunjukkan rakyatmu seperti statemennya. Jangan semua mengatasnamakan rakyat tapi sebenarnya bahasa satu dua orang saja,” sindir Orgenes, Jumat (14/8).

Lalu jika merasa memiliki pikiran yang baik maka silahkan sampaikan untuk memboboti apa  isi evaluasi yang sedang dilakukan. “Asal jangan mengatasnamakan rakyat juga sebab apakah kami di DPR ini bukan rakyat juga, kami yang justru sebagai representase rakyat,” jelasnya. Namun disini politisi PKB ini menegaskan bahwa sebagai anggota DPRP ia sendiri tidak bisa menyatakan untuk menolak Otsus tak punya hak karena saat  dilantik disitu ada garuda yang dititipkan sebagai tanggungjawab moril mengawal amanah pemerintahan dan pembangunan.

“Jadi kalau saya sendiri yang mengatakan gagal atau anggota DPR atau MRP yang menyatakan gagal saya pikir itu rasanya tidak pas. Tidak pantas anggota DPRP yang difasilitasi oleh anggaran negara menikmati hidup dari gaji yang diberikan oleh negara kemudian menyatakan menolak. Difasilitasi dari ujung rambung hingga ujung kaki kemudian makan tidur dibiayai oleh uang negara kemudian menyatakan Otsus gagal ini aneh juga. Gagalnya itu dimana? Kecuali tidak menikmati,” sindirnya lagi.

  Sementra itu anggota DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah, menyebutkan bahwa aspirasi yang disampaikan generasi millennial dan kelompok masyarakat tertentu memang harus diluruskan lagi. Pasalnya, tidak ada istilah Otsus Jilid I maupun Otsus Jilid II, dan Otsus itu tidak berakhir. Menurutnya, yang terjadi saat ini, Otsus direvisi dengan menyesuaikan situasi dan perkembangan saat ini.

“Misalnya, UU 21/2001 itu judulnya Otsus bagi Provinsi Papua . Sementara sekarang sudah ada Papua  Barat dan cantolannya itu hanya PP (Peraturan Pemerintah) saja. Makanya, harus diubah, dan judul yang saya sampaikan itu UU Otsus bagi Provinsi di Tanah Papua ,” sebut H. Sulaeman L. Hamzah, Jumat (14/8) kemarin.

Dengan pengertian, sambung Hamzah, berapa pun provinsi di tanah Papua , undang-undangnya tetap satu saja. Artinya, kekhususan itu berada di bawah satu payung peraturan perundang-undangan Otsus yang sama.

“Ini yang harus diluruskan, sehingga masyarakat paham. Karena masih ada yang beranggapan bahwa Otsus ini berakhir pada 2021. Padahal, yang berakhir adalah dana Otsus dari 2 persen DAU Nasional,” tambahnya.

Hamzah menjelaskan, perihal anggapan Otsus yang gagal dan sebagainya dari masyarakat, memang semestinya dilakukan evaluasi Otsus di tiap tahunnya. Namun, karena kesibukan atau mungkin juga karena lalai sehingga tidak dilakukan.

“Tapi, kalau mau dibilang Otsus ini tidak berhasil sama sekali, ya saya kira tidak juga dan harus kita akui itu. Makanya, seluruh masyarakat Papua  kita harapkan bersabar. Sebab, sekarang ini sedang dilakukan evaluasi dan disusun oleh tim yang dibentuk. Adaikan masih ada aspirasi yang ingin dimasukan, silahkan saja. Namun, harus dengan cara-cara yang bersahabat dan demokratis,” pungkasnya. (ade/gr/wen)

(ade)

1 thought on “Jangan Klaim Atas Nama Rakyat untuk Tolak Otsus

  1. QQHARIAN SLOT ONLINE Agen Betting Online Terpercaya Dan Terlengkap Di Indonesia. Cukup 1 User ID aja anda sudah bisa bermain banyak game seruu di dalamnya Dan bisa ambil / klaim promo yang telah di sediakan, Salah satu nya BONUS KEKALAHAN DI GANTI FULL ( WELCOME CASHBACK 100% ) TANPA SYARAT TURNOVER. Info lebih lanjut bisa Hub.CS kami dengan Click Disini Guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *