Orang Papua Harus Terbiasa Berbisnis

Suasana penyampaian materi oleh CEO Cafe sund shine & Library, Komunitas Papuansphoto dan Papuavideomaker, di Asrama Mahasiswa Lanny Jaya, Senin (10/8) kemarin. (Noel/Cepos)

JAYAPURA – Dengan semakin pesatnya dunia teknologi dan informasi maka masyarakat Papua diharapkan mampu bersaing dalam dunia usaha dengan memiliki mental tahan banting dalam memulai bisnis.

Hal ini dikatakan, Usilina Epa CEO Cafe sund shine & Library di Perumnas 3 saat menyampaikan materi di asrama Mahasiswa Lanny Jaya, dengan melibatkan Komunitas Papuansphoto dan Papuavideomaker, di asrama Lanny Jaya, Waena, Senin (10/8) kemarin.

Dia mencontohkan seperti perahu yang ingin sampai ke darat harus melewati gelombang ombak di pinggir pantai baru bisa sampai di ujung pesisir sehingga jika seseorang ingin menang dalam berbisnis harus melewati gelombang tantangan yang dihadapi dari keluarga, teman dekat, dan lingkungan.

Selain itu ia juga mengatakan telah memulai bisnis harus juga memiliki fokus bekerja dan banyak bergaul dengan orang yang memiliki jiwa bisnis. “Kita harus membuka diri bergaul dengan orang-orang yang bisa menjadi mentor kita dalam berbisnis hal ini akan membantu kita untuk terus membakar semangat kita dalam berbisnis,” katanya.

Dia pun menjelaskan bahwa meski orang Papua tidak memiliki kebiasaan berbisnis tetapi hal ini harus menjadi kebiasaan diterapkan oleh orang Papua dalam memulai sebuah usaha.

“Jika ingin melawan arus kalian harus komitmen untuk berusaha karena kalian akan menjadi teladan bagi orang Papua lain untuk berbisnis mari kita terus membangun niat untuk bermimpi besar dalam menjadi pengusaha yang maju, karena orang Papua tidak bodoh,” katanya. (oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *