Fraksi BTI Walkout, Sidang Paripurna LKPD Tetap Dilanjutkan

Eymus Weya, ST (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Fraksi Bhinneka Tunggal Ika (BTI) memilih walkout pada saat pembukaan sidang paripurna II masa sidang II tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2020.

Aksi walkout yang dilakukan oleh Fraksi BTI dan beberapa anggota dewan lainnya saat pembukaan sidang paripurna tersebut karena sebagian besar pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura tidak hadir dalam rapat tersebut.

Sekretaris Fraksi BTI DPRD Jayapura, Eymus Weya, ST menyatakan, pihaknya merasa tidak dihargai atas tidak hadirnya sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura tersebut.

“Sidang paripurna yang dilaksanakan hari ini kan sidang resmi dan kita sudah menyurat serta mengirim undangan kepada Bupati Jayapura. Kalau memang bupati ada kegiatan lain di tempat lain, itu tidak apa-apa, tapi yang menjadi masalah, kenapa hampir semua pimpinan OPD ikut sama bupati dari pada ikut sidang paripurna ini. Memangnya sidang ini tidak penting kah,”tegas Eymus dengan nada kecewa  saat keluar dari ruang sidang paripurna itu.

Dia mengakui, dari sisi kehadiran anggota dewan sudah memenuhi kuorum untuk kegiatan itu dilaksanakan. Kata dia, Ketidak hadiran sejumlah pimpinan  OPD itu menurutnya merupakan bentuk tindakan yang tidak bisa mencerminkan sikap saling menghargai.

“Hampir semua pimpinan OPD tidak hadir dalam sidang paripurna kali ini. Ini sama saja kita tidak dihargai oleh mereka,”ujarnya.

Pihaknya mengharapkan, di sidang-sidang berikutnya tidak terjadi hal semacam itu.

“Kedepannya jika ada sidang paripurna, jika bupati berhalangan hadir dan hanya wakil bupati saja yang hadir, maka tolong pimpinan OPD juga hadir dalam sidang paripurna. Jangan hanya ikut bupati saja terus. Karena yang kami bahas ini bukan untuk kepetingan kami di DPRD saja, tapi untuk kepentingan OPD itu sendiri dan juga masyarakat pada umumnya,”ungkapnya.

Selain Fraksi BTI yang lakukan walkout, juga terlihat ada beberapa anggota dewan yang lakukan aksi walk out seperti Yohannis Hikoyabi yang dari Partai Hanura dan Clief Ohee dari  Partai Perindo yang tergabung dalam Fraksi PDI Perjuangan. Sempat diwarnai aksi walkout, namun rapat paripurna itu tetap dilanjutkan di mana dihadiri oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *