Otsus Merupakan Solusi Pembangunan

Seiring akan berakhirnya Otonomi Khusus pada tahun 2021 nanti, tak sedikit yang bertanya apa yang sudah dihasilkan selama 18 tahun ini. Publik akan mengevaluasi apa saja yang dititipkan selama Otsus berlaku, satu contoh adalah ring road yang pengerjaannya juga menggunakan dana Otsus.(Gamel/Cepos)

JAYAPURA- Pro kontra perpanjangan Otonomis Khusus (Otsus) Jilid II di tengah masyarakat Papua kini mulai memanas. Mengingat ada sebagian masyarakat yang menolak, namun ada juga yang mendukung.

Kepala Suku Pegunungan Tengah Bani Tabuni menilai, Otsus  merupakan salah satu solusi untuk kesejahteraan masyarakat di Papua. “Otsus itu salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat untuk Papua, hal ini demi kesejahteraan masyarakat Papua itu sendiri,” ucap  Bani Tabuni.

Dirinya menilai Otsus harus perlu diperpanjang bahkan direvisi demi kepentingan banyak orang, bukannya menolak perpanjangan Otsus seperti yang dilontarkan beberapa oknum yang ada di Papua.

Menurutnya, Otsus merupakan solusi pembangunan berbagai sektor kesejahteraan masyarakat. Karena, kalau mau mengharapkan Anggaran Pendapatn Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tidak seberapa.

“Malahan banyak daerah tidak tersentuh apalagi di wilayah pegunungan. Oleh karena itu Otsus merupakan solusi tepat untuk mendongkrak kemajuan Papua,” tuturnya. Lanjutnya, segelintir kelompok yang menolak Otsus Jilid II diduga di tunggangi sekelompok oknum. Ia melihat yang menolak otsus tidak paham sebenarnya Otsus itu sangat penting. “Mungkin diduga ada yang memanfaatkan masyakat tersebut untuk menolak Otsus,” kata Bani Tabuni.

Dirinya berharap untuk pemerintah lebih bijak dalam menanggapi dinamika saat ini terkait otsus. Selain itu, agar Otsus Jilid II nanti dapat direvisi guna lebih tepat lagi. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *