Ditengah Pandemi Covid-19, Pemkab Jayapura Kembali Raih Opini WTP

TANDATANGAN LKPD: Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si.,  saat menandatangani berita acara penyerahan LKPD 2019.

SENTANI-Ditengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terkait  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.
Kini terhitung, sudah enam kali Pemkab Jayapura meraih WTP dari BPK RI. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan  enam kali meraih WTP bukan berarti tanpa ada catatan. Ada beberapa rekomendasi yang diberikan oleh BPK dan itu tentunya menjadi perhatiannya untuk ditindaklanjuti.

SERAHKAN LKPD: Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si.,  saat menyerahkan LKPD 2019 kepada pihak BPK RI Perwakilan Provinsi Papua.

“Kita tahu bahwa sistem dan aturan-aturan sudah jelas terkait rekomendasi-rekomendasi yang masih kurang ini. Sehingga hal ini bukan menjadi alasan buat kita lemah, tetapi kita tetap harus kerja. Karena negara sudah memberikan hal apapun, jadi tidak ada alasan apapun terkait rekomendasi-rekomendasi yang masih kurang ini,” katanya kepada wartawan di Sentani, Jumat (7/8) lalu.

Dikatakan, untuk menindaklanjuti  rekomendasi yang dianggap perlu diperbaiki itu, memang  perlu adanya pelatihan-pelatihan kepada semua tingkatan yang berkaitan dengan hal tersebut. Supaya percepatan dalam melengkapi kekurangan ini bisa terwujud.

“Jadi untuk memperbaikinya, kami tentunya sudah harus ada pelatihan-pelatihan yang kami lakukan dan juga kerja sama dengan DPRD dalam rangka mendorong percepatan perbaikan kekurangan kami agar dalam waktu singkat sudah bisa terwujud,” jelasnya.

Untuk itu, dia berharap seluruh perangkat daerah selalu memiliki komitmen yabg sama dalam mendukung peningkatan kualitas dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik. Sehingga kedepannya  Pemkab Jayapura dapat kembali mempertahankan opini WTP tersebut dan prestasi itu harus lebih ditingkatkan lagi.

“Kami juga  mengucapkan terima kasih kepada BPK beserta jajarannya yang telah memberikan kepercayaan yang keenam kalinya kepada Kabupaten Jayapura atas opini WTP yang diberikan. Selama saya menjadi kepala daerah, kami selalu mendapatkan predikat WTP dari BPK. Untuk itu, kami sangat mengucap syukur sekali kepada Tuhan. Karena apa yang kami dapatkan ini semua karena Tuhan,” tambahnya. (roy/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *