Bandara Wamena Dibuka Terbatas

Penerbangan Trigana Air dengan Pesawat ATR 72 yang direncanakan akan diganti kembali dengan pesawat Boeing 737 di Bandara Wamena. (Denny/Cepos)

WAMENA-Tim Gugus Tugas Penanganan percepatan Covid-19 Jayawijaya memastikan Bandara Wamena kembali dibuka, Senin (10/8).

Meskipun demikian, untuk pelayanan penumpang dari Jayapura ke Wamena, baru akan dilakukan, Kamis (13/8) setelah tim medis Kabupaten Jayawijaya melakukan pemeriksaan di Bandara Sentani, Jayapura.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Jayawijaya, Jhon Richard Banua telah menggelar rapat dengan Forkopimda Jayawijaya. Dalam rapat tersebut diputuskan untuk membuka Bandara Wamena mulai hari ini.

“Meskipun mulai besok (hari ini, red) kami membuka penerbangan kembali ke Jayawijaya, namun belum bisa menerima penumpang dari Jayapura, Hasil rapat Forkopimda, kami sepakat bahwa akan buka nanti mulai Senin. Untuk regular pesawat penumpang sesuai jadwal hari Senin belum  bisa beroperasi tapi  nanti beroperasi pada hari Kamis,” ungkap Jhon Banua yang juga Bupati Jayawijaya, Sabtu (8/8).

Menurutnya dari jadwal yang dikeluarkan sebelumnya, Senin dan Selasa tidak ada penerbangan. Sehingga untuk hari ini, Bandara Wamena sudah bisa melayani apabila ada pesawat carteran yang masuk. Sedangkan untuk untuk regular pesawat penumpang akan mulai beroperasi Kamis (13/8) nanti.

“Jadi penerbangan belum sepenuhnya normal karena akan sesuaikan dengan jadwal yang sudah kita keluarkan sebelumnya,” jelasnya.

Bupati Jhon Banua mengatakan, kemungkinan juga ada perubahan jadwal penerbangan. Dimana jadwal sebelumnya penerbangan setiap Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu, oleh pihak Wings Air meminta perubahan jadwal Selasa-Kamis untuk mencari pesawat yang konek dari Jakarta.

“Kemungkinan masih ada perubahan jadwal penerbangan, dimana Trigana kemungkinan akan beroperasi pada Senin dan Jumat. Untuk flightnya masih sama seperti sebelumnya, satu hari dua kali flight. Kita belum bisa buka bebas, tetap ada pembatasan,” tuturnya.

Mengenai pemeriksaan kesehatan calon penumpang yang akan terbang ke Wamena, Jhon Banua, mulai hari ini tim kesehatan Kabupaten Jayawijaya sudah mulai berada di Sentani untuk persiapan tahapan pemeriksaan rapid tes untuk Selasa. Karena penerbangan penumpang mulai dilakukan, Kamis nanti.

“Kami sudah utus perwakilan untuk bertemu dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura. Kami juga sudah koordinasi dengan posko provinsi. Jadi apabila ada yang reaktif maka tidak boleh berangkat dan kami berikan pengantar untuk lakukan swab,” tegasnya.

Ditambahkan, untuk sementara penerbangan penumpang ke Wamena hanya melalui Bandara Sentani. Pasalnya, Pemkab Jayapura hanya menempatkan petugas di Bandara Sentani untuk melayani penumpang yang akan ke Wamena.

“Bagi calon penumpang yang tidak rapid tes melalui petugas kami, tidak bisa naik pesawat ke Wamena. Karena di Wamena, kita tidak akan lakukan pemeriksaan lagi.”tambahnya. (jo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *