Venue Menembak Indoor Miliki Safety Terbaik Se-Indonesia

Venue Menambak Indoor Papua yang berada di Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, Kamis (6/8). Venue menembak ini memiliki tingkat kemanan terbaik se Indonesia. (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Hampir seluruh venue yang dibangun untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX memiliki standar dunia. Kali ini, venue menembak indoor Papua yang berada di kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura kembali membuat masyarakat terpukau.

Venue yang dibangun akhir tahun 2019 itu memiliki standar keamanan terbaik se Indonesia, dan ditargetkan rampung pada bulan September 2021 mendatang.

Project Manager PT. Nindya Karya, Yan Ananta Tomazya menuturkan, bahwa dari sekian venue yang disiapkan untuk event olahraga empat tahunan, Menembak Indoor merupakan venue yang sangat rumit dan mengalami beberapa perubahan.

“Untuk Menambak Indoor Papua lebih safety dengan venue Menambak Indoor lainnya. Venue ini sudah di sempurnakan dari venue GBK. Khusus untuk nomor 50 meter, untuk dinding belakang untuk lapisan pertama ada dinding beton, kemudian ada plat baja setebal 1 cm,” ungkap Yan Ananta Tomazya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (6/8) siang.

“Untuk sasaran kita dobol plat sesuai standar TD. Dan juga depan target ada balok kayu dengan tebal 60 cm. Banyak kejadian yang sudah terjadi di event lain, sehingga TD banyak menyempurnakan konstruksi agar lebih safety,” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk sisi gudang penyimpanan senjata dan amunisi, kata Yan, untuk menembak indoor sendiri telah dipisahkan. Bajakan, setiap gudang pun akan dilengkapi dengan jeruji besi layaknya ruangan tahanan.

“Kita pembagunan venue menembak sendiri, banyak kendala teknis pelaksanaan, berkaitan regulasi terhadap TD. Karena venue menembak lebih khusus pada tingkat keamanan. Dan terjadi beberapa perubahan dan memakan proses waktu cukup mana, karena materialnya juga didatangkan dari luar Papua,” ucapnya.

Venue yang menghabiskan anggaran APBD Provinsi senilai Rp 123 miliar, bersama venue menembak outdoor ditargetkan rampung pada bupan September 2020 mendatang.

Menembak Indoor sendiri akan mempertandingkan nomor 50 meter, 25 meter, 10 meter, running target dan final hole. Tak hanya mrnampung atlet, tapi setiap ruangan nomor pertandingan juga dilengkapi dengan tribun penonton. Nomor 50 memiliki kapasitas 290 penonton, 10 meter 300 penonton, Running Target 35 penonton dan final hole 150 penonton.

Paling uniknya, venue menembak indoor juga telah dilengkapi dengan wisma atlet dengan 50 kamar dengan daya tampung 100 orang.

Kata Yan, selama pelaksanaan pembangunan, pihaknya terus intens melakukan koordinasi dengan TD PB Perbakin untuk menyempurnakan setiap konstruksi pembangunan.

Sementara itu, Plt Disorda Papua, Alexander Kapisa menambahkan bahwa pembangunan venue menembak indoor sangat spesifik. Pasalnya, setiap bagunan harus melalui justifikasi dari TD Perbakin.

“Semua perubahan ini sangat detail sekali, dari semua venue, karena jika ada yang salah maka tidak akan diakomodir. Membangun venue ini berbeda dengan venue biasa, banyak skali perubahan, venue ini cukup sensitif skali, dan saat ini sudah mencapai progres 91 persen,” tandasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *