Pasien Sembuh Bertambah 223 Orang

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat video conference bersama wartawan.(gratianus silas/cepos)

Kasus Meninggal Dunia Bertambah

JAYAPURA- Satgas Covid-19 Provinsi Papua merilis data terkini tentang perkembangan penyebaran Covid-19 di Provinsi Papua, Kamis (6/8) kemarin.

Data yang dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., tersebut mengemukakan penambahan kasus positif baru yang tidak begitu signifikan.

“Terdapat penambahan sebanyak 12 kasus positif baru di Provinsi Papua, yang mana di antaranya berasal dari Mimika sebanyak 7 kasus tambahan, Kota Jayapura dengan tambahan 4 kasus, dan Kabupaten Jayapura dengan tambahan 1 kasus baru,” ungkap dr. Silwanus Sumule, Kamis (6/8) melalui pesan singkat.

Dengan penambahan kasus positif baru ini, sekalipun tidak signifikan, namun diharapkan semua komponen masyarakat untuk tidak henti-hentinya menjalankan protokol kesehatan. Termasuk dalam aktivitasnya sehari-hari.

Merupakan langkah preventif, menjelalankan protokol kesehatan, baik mengenakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, hingga tidak berkumpul, bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Papua.

“Kasus sembuh juga dikonfirmasi mengalami penambahan sebanyak 223 kasus. Dari jumlah tersebut, Kota Jayapura terbanyak yaitu 206 pasien, disusul Kabupaten Jayapura 11 pasien, Mimika 5 pasien dan Merauke 1 pasien. Dengan ini, kami dari tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua memberikan apresiasi yang tinggi bagi seluruh petugas kesehatan yang terlibat sehingga 223 pasien dapat dinyatakan sembuh dari Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, dr. Silwanus Sumule juga menyampaikan kabar duka cita. Dimana seorang perempuan berusia 47 tahun yang dirawat di salah satu rumah sakit mitra di Kota Jayapura, pada pada 26 Juli – 6 Agustus, meninggal dunia. Pasien diketahui positif Covid-19 dan memiliki penyakit penyerta, yakni penyakit paru-paru.

“Kami dari tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua menyampaikan turut belasungkawa yang sedalam-dalamnya bagi keluarga yang ditinggalkan. Tuhan akan memberikan ketabahan, kekuatan, dan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan,” tambahnya.

Dengan catatan ini, maka diketahui bahwa hingga Kamis (6/8) kemarin, jumlah kasus positif secara kumulatif di Papua telah mencapai 3.108 kasus. Dari jumlah tersebut 1.330 pasien masih dalam perawatan, 1.743 pasien telah dinyatakan sembuh, dan 35 pasien meninggal dunia. Sedangkan kontak erat (sebelumnya ODP) diketahui sebanyak 2.882 orang, suspek (sebelumnya PDP) berjumlah 256 kasus, dan pemeriksaan PCR/TCM yang telah mencapai angka 30.215 sampel. (gr/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *