Siswa SMKN 3 Berhasil Produksi Garam

Kepala DPPAD Provinsi Papua Christian Sohilait ST. M.Si melihat proses pembuatan garam di SMK Negeri 3 Jayapura Rabu (5/8) kemarin. (Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Berpedoman terhadap moto SMK secara nasional di Indonesia, yakni SKM bisa, SMK hebat, SMK mandiri dan SMK luar biasa, ternyata menjadi motivasi bagi siswa di SMK Negeri 3 Kota Jayapura.
Dengan memanfaatkan alam sekitar yang dapat berguna bagi kebutuhan hidup orang banyak, hal ini yang di lakukan siswa di jurusan geologi pertambangan pada SMK 3 Jayapura.

Ada pun inovasi dan karya yang mereka hasilkan adalah memproduksi mineral air laut yang di ambil dari hasil pantai di depan jembatan Youtefa berjarak 20 meter dari bibir pantai, yang selanjut nya diolah melalui teknologi sederhana dengan memanfaatkan solar sel lewat bantuan energi matahari.
Kepala sekolah SMKN 3 Jayapura Melkianus Mawene mengatakan, hasil penelitian yang di kerjakan oleh siswa dari jurusan geologi pertambangan di SMKN 3 Jayapura itu telah di mulai sejak tahun 2018 sampai saat ini dan hasilnya luar biasa karena menghasilkan garam kristal berbentuk piramid yang punya kualitas terbaik, bahkan digadang-gadang jadi nomor dua di Indonesia.

Sementara itu, pihak sekolah juga telah melakukan uji kelayakan dari pada hasil produksi garam dari siswa SMK 03 Jayapura ini, ke Balai Besar Obat dan Makanan Jayapura dan Balai Industri Makanan Milik Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua. “Kita juga kirim ke Bogor Jawa Barat guna di teliti lebih dalam kualitas garam dari sumber daya air laut di perairan Pasifik ini,” ungkap Melkianus.

Apa bila berhasil produksi ini, akan membawa dampak positif kepada dunia pendidikan SMK di Papua. Selaim itu juga merupakan langkah awal pengembangan industri dengan teknologi sederhana dengan memanfaatkan alam laut di Papua, namun yang takala penting hasil ini, menjadi kabar baik bahwa SMK di Papua mampu dan dapat bersaing dengan SMK di luar Papua.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua Christian Sohilait ST. M.Si mengapresiasi kinerja SMKN 3 Kota Jayapura yang terus bekerja keras untuk menciptakan inovasi-inovasi yang brilian. “Kita berharap semoga lolos uji sehingga nantinya dapat di produksi secara massal dan dapat menjadi penghasilan perekonomian di tengah masyarakat,” harapnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *