Air Terjun Cycloop Tawarkan Pesona Keindahan Alam

AIR TERJUN: Sejumlah pengunjung saat menikmati air terjun Cycloop di Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (2/8).(Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Kabupaten Jayapura terkenal dengan wisata danaunya. Padahal, Sentani yang terletak 33 Km dari  Kota Jayapura ini, orang-orang bisa menemukan lebih banyak wisata alam lain yang tak kalah menakjubkan.

Wisata alam yang menakjubkan itu seperti bukit Teletubies, bukit Yotoro dan beberapa lokasi air terjun  yang bisa dikunjungi. Salah satunya lokasi air terjun Cycloop yang jalurnya lewat Kampung Taruna, Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani.

Untuk sampai ke lokasi air terjun Cycloop, warga bisa berjalan kaki dengan menempuh waktu kurang lebih 1 jam 30 menit dengan ritme langkah santai. Jika ritme langkah cepat, jarak tempuh tak cukup 1 jam.

Namun, lelah dalam perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang tingginya sekitar 10 meter dan suhu di air terjun 20 derajat. Selain itu, kabut, rindangnya pepohonan, udara yang sejuk dan bisa melihat Sentani dari atas juga membayar lunas rasa lelah.

Seorang warga setempat bernama Yappi mengatakan, ia tahu adanya air terjun sekira tahun 2019. Yappi sendiri kerap ke air terjun bersama teman-temannya, kadang sekedar mandi atau  acara bakar batu bersama teman-temannya.

“Kalau ada teman yang ulang tahun, atau ada acara lainnya kami ke air terjun bakar batu,  makan- makan  atau sekedar mandi,” ucap mahasiswa jurusan Kependetaan ini, Minggu (2/8)

Yang paling penting kata Yappi, sampah tak boleh dibuang sembrangan. Jika Yappi naik bersama teman-temannya, maka sampah mereka biasa dibakar atau dibawa turun. Hal ini agar tak mencemari ligkunngan setempat.

“Kami tidak mau tempat tersebut kotor karena sampah, tidak boleh ada yang buang kotoran di air sungai. Itulah kenapa sepanjang perjalanan hingga ke air terjun tidak ada sampah,” terang Yappi.

Di lokasi air terjun kata Yappi, jika hujan dingin sekali. Namun, jika cuaca sedang panas maka panasnya lumayan juga.

“Lokasinya juga aman, tidak ada pungut-pungut biaya, yang tepenting saat kita naik ke air terjun tidak boleh tebang pohon sembarang, tidak buang kotoran di air dan sampah harus dibawa turun,” tegasnya.

Sementara itu, Irsan salah satu pengunjung menyampaikan rasa kekagumannya terhadap air terjun yang berada di Kabupaten Jayapura itu. Baginya, ini adalah lokasi air terjun yang bagus dan bisa dijadikan tempat refresing bagi mereka yang suka travelling.

“Tempatnya bagus, adem dan tenang. Air terjun dan kabutnya menggoda, kita juga bisa melihat sentani dari atas,” ucapnya.

Pemuda yang aktif diliterasi ini berpesan, siapapun yang ingin ke air terjun Cycloop jangan pernah membuang atau meninggalkan sampah mereka di lokasi air terjun. Bila perlu, sampah harus dibawah turun agar tempat-tempat wisata bebas dari sampah.

“Jika mengiginkan sebuah keindahan, maka bebaskan tempat-tempat wisata dari sampah,” tegasnya. (fia/nat)

1 thought on “Air Terjun Cycloop Tawarkan Pesona Keindahan Alam

  1. Pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *