Cepat Atau Lambat di Papua Akan terjadi Pemekaran

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, mengungkapkan, cepat atau lambat pemekaran akan terjadi di Papua  sekarang persoalan pemekaran dan yang  maksudkan tidak mensejahterakan  rakyat dimana?,  Kalau menurut Tomi Mano, pemekaran sangatlah penting , karena rakyat yang sampai dengan hari ini  tidak mengerti akan Otsus  itu apa dan peruntukannya bagi rakyat Papua mana.

  “Itu yang harus kita pahami dan terjemahkan kepada  rakyat agar mereka tidak  dijadikan obyek rekayasa  oleh  sebuah kebijakan  yang membuat rakyat Papua hari ini dikatakan propinsi termiskin,”ujarnya, Senin (3/8) kemarin.

Dijelaskan,  kenapa masyarakat Papua takut mengakui itu, dengan luas wilayah  yang endemik berada pada perbedaan  wilayah  dan beragam  sumber daya alam  yang masih terkubur dapat di oleh OAP  sesuai kearifan lokal masing-masing, sehingga dapat mengangkat taraf hidup masyarakat di masing-masing  wilayah.

  “Sumber daya alam begitu melimpah tapi yang merasakan hanya sebagian rakyat Papua sedangkan yang lainnya hanya menonton,  ini karena kita masih terkungkung dan belum bisa menerima sebuah konsep pembangunan  yang sebenarnya,  Silakan tapi kita berusaha untuk  sebuah kepentingan kehidupan masyarakat yang sama, sama  mendiami tanah Tabi Saereri  ini agar hidup layak dan sejahtera di seluruh wilayah pelosok tanah ini,”jelasnya.

BTM menekankan pemekaran itu penting, karena jika  masyarakat OAP sudah maju dan mampu bersaing dengan non papua, mempunyai skill, pemikiran cerdas, wawasan luas, mampu bersaing dan ideologi yang tertanam NKRI banyak OAP yang berhasil dan buktinya daerah itu berkembang karena semua sudah disiapkan. Tapi masalahnya jika masih ada sekelompok OAP yang tidak memiliki jiwa itu, bagaimana mungkin mau mengurus daerahnya.

  Seperti di Kota Jayapura banyak kemajuan, pembangunan, tentu orang tidak berbicara aneh-aneh dan tidak mau ribut selalu menjaga Kamtibmas.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *