Mukri : Saya Juga Akan Marah

Mukri Hamadi
JAYAPURA – Adanya aksi pemalangan di lokasi Jembatan Yotefa Jumat (31/7) buntut dari minimnya anak asli Port Numbay yang diterima menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) ikut direspon Ketua Komisi A DPR Kota Jayapura, Mukri Hamadi. Ia mengaku kaget dengan hasil yang diumumkan mengingat dari 316 orang yang lolos ternyata hanya 8 persen anak asli Port Numbay atau hanya 26 orang.
Dengan kondisi ini Mukri menyatakan akan segera memanggil pihak BKN, BKD dan Sekda untuk mendengarkan penjelasan dari hasil tes tersebut.

Mukri mengaku wajar jika masyarakat ada yang protes mengingat ini menjadi momentum untuk mereka bekerja menjadi ASN karena tidak setiap tahun ada penerimaan. “Saya tidak tahu mengapa jumlahnya kecil sekali, seharusnya paling tidak bisa 70-30 persen sehingga kalimat prioritas atau affirmatif ini bisa diwujudkan,” kata Mukri, Sabtu pekan kemarin.

Ia melihat dari 316 orang ini tercatat 200 orang adalah orang asli Papua namun yang jadi persoalan adalah dari 200 orang ini ternyata hanya 26 orang asli Port Numbay.
“Cukup miris juga sebab dari Kayu Batu tak satupun yang lolos, begitu juga dengan Skow sedangkan Nafri hanya 1 orang sehingga saya pikir wajar mereka marah. Saya tidak suka bicara kedaerahan tapi kalau tahu begini saya juga marah,” bebernya.

Undangan untuk melakukan pertemuan dengan BKD, BKN dan Sekda ini kata Mukri akan dilakukan Senin (3/8) di DPR Kota Jayapura untuk meminta penjelasan.
“Saya tahu bahwa setelah ujian itu nilai langsung diumumkan karena menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) namun mendengar penjelasan langsung juga penting dan mengapa seperti itu apakah SDM yang memang dirasa kurang. Pada situasi seperti ini transparansi menjadi penting. Harus dijelaskan mengapa bisa seperti itu,” tambahnya.

Ditanya soal solusi kata Mukri pihaknya akan melihat peluang yang bisa digunakan mengingat saat ini honor sudah tidak bisa kecuali ada keahlian khusus. “Nanti kita lihat, biarkan BKD, BKN dan Sekda menjelaskan dulu,” pungkasnya. (ade)

1 thought on “Mukri : Saya Juga Akan Marah

  1. Pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *