Ribuan Masyarakat Pegubin Gelar Demo Tolak Otsus

Seribuan Masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang saat menggelar demostrasi menolak Otsus dan meminta penentuan nasib sendiri, Rabu, (29/7).

JAYAPURA – Ribuan masyarakat  Kabupaten Pegunungan Bintang melakukan demonstrasi damai Tolak Otsus di Oksibil Ibu Kota Kabupaten Pegunungan Bintang.
Dengan dikoordinir West Papua Interest Asociation (WPIA), OSEA, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Ngalum Kupel dan Dewan Adat Wilayah Pegunungan Bintang, demo  dilakukan ini dalam rangka menolak Otsus Jilid II untuk Papua dan mendesak diberikan akses kepada orang Papua untuk menentukan nasib sendiri.
Ketua WPIA Pegunungan Bintang Herryzen Uropkulin melalui telepon selulernya menjelaskan, aksi tersebut dimulai pada rabu (28/7) pukul 09.00 WIT. Ia menjelaskan, seluruh rakyat Papua di Pegunungan Bintang yang difasilitasi empat organisasi menyatakan Otsus gagal.
“Otsus sudah gagal  Kegagalan itu ditambah dengan orang Papua dibunuh, disiksa lewat aparatnya maupun sistem yang dibangun Indonesia sendiri di Tanah Papua. Dengan dasar itu kami masyarakat lima suku yang mendiami Aplim Apom dengan tegas menolak Otsus jilid II,” katanya.
Ia menegaskan  yang jilid pertama itu bukan Otonomi Khusus tetapi Otonomi Kasus dan banyak korban di Papua khususnya di Aplim Apom.
“Darah orang Aplim Apom terus mengalir di atas wilayah Pegunungan Bintang. Kami menyatakan sikap bahwa tidak boleh ada lagi otsus Jilid II. Kami kembalikan Otsus ke Jakarta dan menuntut referendum di seluruh tanah air West Papua,” tegasnya.
Lebih Lanjut untuk masyarakat Pegunungan  Bintang secara tegas menolak Otsus dan semua produk kolonial Indonesia. Hal ini juga disampaikan empat organisasi yang ada di Pegunungan Bintang.

“Jadi Kami Semua  bersepakat untuk menolak Otsus dan tidak boleh ada Otsus di Papua dan Papua Barat. Kami tuntut  hak penentuan nasib sendiri (self determinatioan) sebagai solusi penyelesaian berbagai kasus dan persoalan di Papua,” paaprnya, (oel).

3 thoughts on “Ribuan Masyarakat Pegubin Gelar Demo Tolak Otsus

  1. lucu juga manusia-manusia ini, selama ini yg memimpin di negeri papua keluarganya kok masih menolak otsus, sejahtera amat pejabat pejabat asal negeri mereka, wowwowowowow

  2. Ayoooooo !!!
    Yang jauh mendekat, Yang dekat merapat guyss
    Bingung memilih situs Judi Online Terbaik & Terlengkap
    Gabung aja guys besama kami di QQHarian
    Banyak promo menarik untuk anda semua
    Tunggu apa lagi buruan bermain dan menangkan hadiahnya
    Menjadi milyader bukan lagi sebuah mimpi guysss !!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *