PUPR Dukung Penuh Kesuksesan PON, Bangun 15 Tower Rumah Susun

Malikidin Soltief (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat benar-benar siap mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Olahraga (PON) XX Papua 2021 mendatang. Tak hanya membangun venue pertandingan, tapi Kementrian PUPR melalui Direktorat Jendral Penyediaan Perumahan Rakyat juga memberikan dukungan untuk akomodasi even olahraga empat tahunan itu.

Terhitung, Kementrian PUPR membangun 15 tower rumah susun yang tersebar di empat kluster pelaksanaan PON XX 2021 Papua. Bahkan, dari 15 tower rusun tersebut, 10 diantaranya telah selesai dibangun.

“Dalam rangka mendukung PON, 2019 telah membangun 10 tower dari tiga jenis, ada tipe 36, 45 dan ada tipe bentuk asrama, semua sudah siap huni,” ungkap Kepala Satker Non Vertikal Tertentu (SVNT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua, Malikidin Soltief, kepada awak media saat ditemui di Hotel Horison Kotaraja, Jumat (24/7).

Sementara untuk 5 tower rusun, kata Soltief, saat ini dalam proses pengerjaan dan ditargetkan rampung pada bulan Oktober-November 2021. Menurutnya, semua tower rusun itu memiliki fasilitas berstandar hotel.

“Dalamnya sudah dilengkapi, tempat tidur, kamar mandi, dapur dan tentunya full AC, mirip apartemen bagitu,” ujarnya.

Latih menuturkan, dari 15 tower rusun itu, nantinya memiliki daya tampung untuk 1864 orang. Hingga ia berharap, nantinya fasilitas tersebut dapat membantu pemerintah Papua mau pun PB PON soal akomodasi.

“Semoga yang nginap nantinya bisa merasa nyaman dengan fasilitas yang sudah disediakan setiap kamarnya,” ucapnya.

Dirinya juga membeberkan, bahwa pasca PON, tower rusun tersebut nantinya akan dihibahkan kepada pihak pemilik lahan.

“Kita bersyukur dengan adanya pembagunan rusun ini kita sambut PON dengan baik. Kita akan serahkan lebih awal kepada penerima manfaatnya. Kita lihat penerima manfaat di sana ada Polda, Pemprov serta Perguruan Tinggi,” ujarnya.

“Jadi peruntukan utama itu PON. PON begitu berakhir baru kita serahkan atau hibahkan kepada penerima manfaat,” tandasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *