Penanganan Covid-19 Juga Tetap  Diprioritaskan

Tim survailens saat melakukan pemeriksaan menggunakan Rapid Test terhadap masyarakat di Sentani untuk mengatasi penyebaran Covid-19, Kamis (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura saat ini sudah menjangkau di 10 distrik dari 19 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura yang juga sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19 terus melakukan berbagai macam upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 ini, termasuk di wilayah atau daerah pedalaman.

Dia mengatakan, prosedur atau mekanisme penanganan Covid-19 di daerah pedalaman atau daerah pinggiran sungai tidak ada bedanya dengan apa yang dilakukan oleh gugus tugas yang ada di daerah kota.

“Di kampung juga tetap diprioritaskan, sama dengan apa yang dilakukan oleh tim tugas-tugas yang ada di kota,” kata Khairul Lie kepada wartawan di Sentani, Kamis (23/7).

Dia mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh gugus tugas Covid-19 di tingkat kampung memanfaatkan tenaga medis yang ada di masing-masing Puskesmas.

Di sana para petugas medis ini berbagi tugas, ada yang melakukan pelayanan di  fasilitas kesehatan Puskesmas, ada juga yang turun ke masyarakat untuk melakukan pelacakan kontak erat dan kegiatan pencegahan lainnya seperti yang dilakukan di wilayah kota di Kabupaten Jayapura.

“Tidak ada bedanya, semua sama, penanganan kita juga melibatkan tenaga medis yang ada di masing-masing Puskesmas,” katanya.

Lebih lanjut Khairul mengatakan, sampai saat ini sudah 10 distrik yang terpapar Covid-19. Diketahui dari 10 distrik itu jumlah pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19 bervariasi antara yang satu dengan yang lainnya.

“Kalau di daerah-daerah yang terjauh jumlah pasien positif Covid-19 tidak sebanyak dengan yang ada di daerah kota,”tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *