Mudahkan Warga Melapor, Polres Siapkan Aplikasi Saham SOS 

Kapolres Merauke saat memberikan penjelasan  kepada para peserta  sosialisasi  launching  aplikasi  Saham SOS, kemarin. (Sulo/Cepos)

MERAUKE- Dalam rangka memberikan kemudahan  kepada masyarakat  untuk melaporkan   setiap kejadian atau peristiwa  yang  terjadi di sekitarnya  baik  yang dialaminya sendiri maupun  orang lain tanpa  harus  mendatangani  Kantor  Polisi, maka   Polres Merauke  meluncurkan  aplikasi   yang diberi  nama  Saham SOS Sapa Mo Help Merauke Save Our  Souls  yang merupakan   kode  untuk memerluka  bantuan.

   Aplikasi ini  dilaunching   Kapolres Merauke  AKBP  Agustinus Ary Purwanto, SIK dengan  mengundang  berbagai  stakeholder  untuk menyaksikan  sekaligus  mensosialisasikan  cara mengakses  aplikasi ini.   Kapolres memberikan apresiasi kepada Kasat Reskrim dan anggotanya yang telah bekerja sama dengan Tim IT Polres Merauke dalam membuat  dan mneyediakan aplikasi   Saham  SOS ini.

  “Saham ini hewannya khas Kabupaten Merauke karena ini hewan hanya ada disini dan menjadi kearifan local. Kalau di Australia ada Kangguru  Tapi di  Merauke namanya Saham,” kata Kapolres.

   Menurut Kapolres, aplikasi  ini sangat mudah dan baik karena memerlukan peran serta aktif masyarakat langsung, HP android anggota Polri yang dekat dengan TKP juga langsung terhubung dengan radius 500 meter. ‘’Akses aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk melaporkan suatu kejadian kepada Polisi tanpa harus   dating ke  Polres,’’  terangnya.    

  Sistem kerjanya, lanjut Kapolres, ketika ada suatu kejadian di sekitar  kita misalnya  pembunuhan atau pencurian, maka    warga  yang sudah mendowload  aplikasi  tersebut kemudian  melaporkan  dan dengan  google map  akan langsung  menunjukan lokasi  kejadian dan   jika ada anggota  Polisi yang  dekat di sekitar  kejadian akan menerima notifikasi   untuk segera tiba di lokasi   kejadian.

   Menurutnya,    jika  ingin mendownload langsung  ke Google dengan alamat : http://patrolisibermerauke.com/sahamsos.apk atau http://patrolisibermerauke.com/landing/. Aplikasi ini, kata Kapolres juga terhubung dengan instansi pemadam kebakaran, Basarnas dan rumah sakit. ‘’Kedepannya akan di kembangkan lagi demi sempurnanya aplikasi ini,” terangnya. Kapolres   Ary Puwanto  menambahkan    bahwa  aplikasi   seperti ini  baru  Polres Merauke yang  menggunakan  untuk    Polda Papua.  (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *