JFT : Theo Jadi Aset Papua di Timnas

Jacksen Tiago. (Erik/cepos)

JAYAPURA – Gelandang muda Persipura Jayapura, Theofillo Numberi Da Costa masuk dalam 46 daftar nama pemain Timnas U-19 pilihan pelatih Timnas, Shin Tae-yong untuk mengikuti TC.

Theo dan kawan-kawan dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFC U-19 yang akan berlangsung di Uzbekistan bulan Oktober mendatang, tentunya jelang Piala Dunia U-20 2021.

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago merasa tak heran bila pemain mudanya itu dilirik oleh Timnas, pelatih asal Brasil itu mengaku bahwa Theo memang layak membela sang Garuda Muda.

“Dari aspek pemanggilan kami bangga,Papua punya aset di Timnas,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Kamis (23/7).

Tapi pelatih berusia 52 tahun itu berharap, pemanggilan Theo tidak dibenturkan dengan regulasi yang dibuat oleh PSSI dan PT LIB, bahwa tiap pertandingan seluruh tim Liga 1 wajib memainkan minimal dua pemain di bawah usia 19 atau 20.

Regulasi tersebut dikeluarkan oleh PSSI untuk mendukung bakat-bakat muda untuk membela timnas Indonesia U-19 dan U-20. Timnas U-19 yang menjadi cikal akan lebih dulu tampil pada Piala Asia U-19 tahun ini.

“Cuma kita tidak boleh tutup mata bahwa ada regulasi baru di PSSI mengenai pemain U-19,” ujarnya.

Apalagi kata Jacksen, Theo juga merupakan salah satu pemain yang menjadi pilihan bila regulasi itu benar-benar diterapkan. “Sudah jelas Theo akan menjadi salah satu andalan kami seandainya regulasi itu berjalan, karena selain Theo, kami cuma punya Wulf Horota yang masuk dalam peraturan baru tersebut,” ucapnya.

“Kami harus ingat bahwa tim Persipura saat ini, sedang dalam sebuah transisi pemain senior dan muda. Pasti akan ada efek dari aspek teknis pemanggilan Theo ke Timnas. Tapi kami bangga Theo bisa masuk Timnas,” tandasnyas. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *